hosting indonesia

Panduan Liburan ke Gunung Bromo


Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Bromo, gunung berapi yang masih aktif dan sudah menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing di daerah Jawa Timur. Salah satu keunikannya adalah gunung ini terletak di tengah-tengah lautan pasir yang luas, hal ini memberi kesan kontras dan kering, beda dengan daerah pegunungan lain di Jawa. Budaya masyarakat Tengger yang masih kental juga menambah daya tarik gunung ini.


backpacker ke bromo, bromo, gunung, gunung batok, gunung berapi, gunung semeru, lumajang, mahameru, malang, Wisata Alam, Wisata Jawa Timur, wisata tiket, tempat liburan,



1. Prakiraan Biaya
Anda bisa memulai dari Malang maupun dari Surabaya. Dalam bahasan kali ini saya memilih rute Surabaya. Biaya kereta api Gumarang (Dari Jakarta) dengan kelas bisnis dengan tarif Rp. 180.000,- Perjalanan dari Jakarta – Surabaya memakan waktu sekitar 12 Jam (tergantung dengan situasi kereta terhandat atau lancar)




Rekomendasi : Surabaya – Probolinggo 
Tiba di Surabaya tepatnya di stasiun Pasar Turi, selanjutnya bisa mencari bus antar kota menuju pasuruan (tosari) atau tujuan ke terminal probolinggo. Lama perjalanan kurang lebih 2 Jam dengan tarif bus sebesar Rp.15.000,- Daerah terdekat dengan bromo jika via probolinggo desa cemara lawang. 

Alternatif : Surabaya - Malang 
Tiba di Surabaya tepatnya di stasiun Pasar Turi, tujuan berikutnya anda harus ke Malang Lama perjalanan kurang lebih 2 Jam dengan tarif bus sebesar Rp.15.000,-

Sesampai di Malang anda bisa menyewa elf atau angkot menuju Pananjakan. Akan tetapi untuk wisata ke Bromo dan sekitarnya anda wajib meneyewa Jeep yang memang tersedia khusus untuk medan tersebut. Tarif untuk Jeep sendiri sekitar Rp.300.000,- khusus Pananjakan saja tetapi ini belum dengan tempat di sekitar Bromo. (untuk ke tempat objek wisata yang lain dikenakan biaya tambahan). Pananjakan ini adalah viewpoint yang terkenal di Bromo. Dari sini anda bisa melihat gunung Bromo dan lautan pasir disekitarnya.
Di viewpoint Pananjakan kita berhenti kemudian menanjak sekitar 200-300 meter kurang lebih untuk mencapai tempat buat melihat Sunrise. Jika anda malas berjalan ada ojek yang bersedia mengantar anda dengan ongkos Rp 10,000.

Akomodasi
Untuk penginapan di Bromo tersedia banyak tempat seperti villa, maupun rumah penduduk yang bisa dijadikan tempat bermalam. Anggarkan biaya penginapan di penginapan sederhana Rp.100.000,- atau jika anda ingin menyewa villa untuk beramai-ramai ongkosnya sekitar Rp. 400.000,-

Makanan
Di Bromo jarang menemukan restoran yang buka di malam hari, namun masih tersedia banyak warung yang menjual makanan sederhana seperti mie, nasi goreng dan jagung. Kami sarankan agar anda membawa perbekalan makanan instan secukupnya.

Biaya Lain – Tiket Masuk
Untuk menuju ke wisata Bromo dikenakan biaya Rp. 6.000,-, namun banyak turis yang akhirnya terpaksa masuk dengan gratis dikarenakan tidak ada petugas yang menjaga.



2. Objek Wisata
Tangga ke Puncak  GunungSunrise di Bromo sangatlah populer, bersiap-siaplah untuk berdesak-desakan dengan turis lainnya yang ingin mengabadikan momen ini. Selain itu anda juga bisa naik hingga ke kawah gunung Bromo, perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Jika anda malas berjalan anda bisa menyewa kuda seharga Rp 70,000. Selain itu masih ada lautan pasir yang digunakan dalam syuting film ’Pasir Berbisik’ yang dibintangi oleh Dian Sastro dan Christine Hakim. Entah kenapa dinamakan pasir berbisik, mungkin dikarenakan karena bila kita mendekatkan kuping diatas pasir tersebut akan ada suara bisikan yang terjadi akibat tiupan angin. Sekitar 45 menit naik mobil ke arah Probolinggo, anda bisa mengunjungi air terjun Madakaripura, air terjun yang kental dengan nuansa historis Majapahit ini sayang untuk dilewatkan bila anda mempunyai waktu lebih di Bromo.

Saran Itinerary:
Bila anda ingin melihat sunrise di Bromo sebaiknya bangun pagi-pagi ketika berangkat ke Pananjakan, karena akan banyak Jeep yang mengantar wisatawan lainnya, jadi semakin pagi kita datang jalan menuju lokasi tidak terlalu jauh dan masih bisa mencari tempat buat duduk untuk melihat sunrise. Waktu itu saya sampai Pananjakan sekitar jam 4.30 dan itupun sudah agak terlambat karena sudah ramai.


3. Cuaca
Ketika saya berkunjung, kondisi cuaca di Bromo agak mendung dan sempat gerimis tetapi tidak hujan deras. Waktu itu sangat disayangkan ketika saya kesana cuaca lagi berawan jadi matahari agak tertutup dengan awan. Tentunya musim kemarau sekitar Bulan Juli – September adalah saat yang tepat karena anda akan mendapatkan view Gunung Bromo yang jernih dan tidak tertutup awan.


4. Packing List
Selama di Bromo tidak usah banyak membawa barang bawaan, barang anda bisa tinggal di penginapan atau bisa juga ditaruh di dalam Jeep. Sehingga tidak akan menyusahkan anda berjalan nantinya.


5. Tips
- Bawa barang seperlunya saja jangan terlalu banyak barang bawaan sehingga akan mempersulit langkah perjalanan anda.
- Bawa Jaket, Penutup Kepala, Syal, Sarung tangan,Kaos Kaki karena cuaca di Bromo sangat dingin.
- Lebih disarankan memakai sepatu.
- Bawa makanan dan minuman secukupnya.
- Mintalah nomor Hp penunggu angkot sebelumya buat perjanjian kapan anda minta dijemput.
- Sekitar bulan ke sepuluh penanggalan jawa, di malam bulan Purnama, masyarakat Tengger mengadakan upacara Kasodo.


Estimasi Biaya
1. Kereta Bisis Gumarang – Jakarta – Surabaya (pasar Turi) : Rp. 210.000
2. Sewa Angkot Pasar Turi – Bungur Asih = Rp. 5.000
3. Terminal Bungur Asih – Arjo Sari (Malang) = Rp. 15.000
4. Charter Elf Malang – Pananjakan = Rp 560.000,- (Pulang Pergi)
5. Biaya sewa Jeep (Pananjakan – Kawah – Savana) = Rp 500.000
Previous
Next Post »

36 comments

Write comments
13 April 2012 at 19:02 delete

keren mas infonya jadi pengen ke sana lagi udah kangen nihh...Wisata Jawa Timur

Reply
avatar
Mencoba
AUTHOR
2 October 2012 at 14:10 delete

kereennn,, !! ane FOLLOW blog agan yaa :D , di tunggu follbacknya yaa :D kalo boleh :D http://aldofahreza.blogspot.com

Reply
avatar
5 November 2012 at 18:56 delete

nice info bro..buat persiapan februari 13 nih..

Reply
avatar
5 November 2012 at 18:56 delete

nice info bro..buat persiapan februari 13 nih..

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
15 December 2012 at 21:18 delete

mas nanya dong, buat elf sama jeep kapasitasnya berapa orang? dan harga sewa dan charternya bukan per kepala kan?

Reply
avatar
Deudo
AUTHOR
28 February 2013 at 14:03 delete

Makasih Informasinya, buat plan. .

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1 April 2013 at 22:19 delete

ada yg mau k bromo dr jakarta g...sekitar bln april....? klo ada mau gabung ni....

Reply
avatar
Fraksi Rakyat
AUTHOR
4 April 2013 at 08:58 delete This comment has been removed by the author.
avatar
Fraksi Rakyat
AUTHOR
4 April 2013 at 08:59 delete

Kaliwatu Rafting : terimakasih telah berkenan mampir gan, sip ane kunjungi blog ente :)

Reply
avatar
Fraksi Rakyat
AUTHOR
4 April 2013 at 09:00 delete

tyas ekowaty : gabung di sini kak http://backpackerindonesia.com atau FB : https://www.facebook.com/backpackerindonesia?fref=ts, nanti bisa sharing2 dengan teman2 BPI, semoga bermanfaat.

Reply
avatar
5 May 2013 at 11:46 delete

wah sepertinya seru ya, belum kesampaian naik gununh lagi he he, terakhir naik gunung Galunggung

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
5 June 2013 at 14:31 delete

waw.. apa ngga kejauhan mesti ke pasar turi dulu.. gimana kalo lewat malang.. minta infonya om.. atau kirimin infonya ke alamat email saya..

jackplankton1710@gmail.com

Reply
avatar
16 June 2013 at 13:14 delete

makasih infonya gan semoga makin sukses usahnya...

Reply
avatar
Elif
AUTHOR
18 June 2013 at 14:48 delete

yg mau ke sana dari arah surabaya , kami mau gabung bulan juni ini , Mohon informasinya ?

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
10 March 2014 at 23:48 delete

Wan sy rencana tanggal 17 april mo ke sana..

Reply
avatar
Wisata Bromo
AUTHOR
7 December 2014 at 20:59 delete

sekedar info gan..kalau sudah di bungurasih kenapa harus ke malang jadinya memutar lagi..sebaiknya jika sudah di bungurasih atau kawasan surabaya lainnya bisa ambil jalur menuju pasuruan (tosari) atau bisa ke terminal probolinggo.

bus jurusan ke probolinggo buanyak gan.. pokoknya kalau menuju probolinggo cari bus yang tujuan ke bali pasti lewat probolinggo :D
Yang umum akas karena garasinya di probolinggo ;)

Daerah terdekat dengan bromo jika via probolinggo desa cemara lawang namanya.

Banyak penginapan di bromo,jadi pastikan dulu ingin penginapan budget berapa.

Salam
Wisata Bromo | Bromo Tour

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13 March 2015 at 14:32 delete

Baca Juga Guys , Artikel Kami Tentang Tempat Wisata
Dari Rental Mobil Malang Murah ,di http://cartermobilmalang.blogdetik.com//
call : 0856 0805 2182
Semoga Bermanfaat

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1 March 2016 at 20:51 delete

Permisi agan2 skedar berbagi info tentang gunung bromo, tanggal 12 maret 2016 kbarnya bromo dibuka penuh,, dan kita bisa mulai merencanakan liburan kita ke bromo dengan panorama yg mengesankan tapi untuk menikmati panorama tersebut kita harus d dukung transportasi yg memadahi yaitu dg menyewa jeep... disini saya akan berbagi info tentang harga sewa jeep yg kami tawarkan yaitu mulai dari 600rb untuk 2 lokasi (penanjakan 1 dan kawah bromo) dan harga 750rb untk 4 lokasi (penanjakan 1, kawah bromo, bukit savana, dan pasir berbisik) untuk info lebih lanjut hub. 085746895203 ayo segera hub. No ini untuk menikmati keindahan bromo trutama bagi anda yg blum sama sekali berlibur ke gunung bromo kami tunggu calling anda trimakasih.

Reply
avatar
27 June 2016 at 10:00 delete

Menarik. Artikel yang bagus sekali. Salam kenal dari Rent Car Malang Simpati 0821 41555 123

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8 April 2017 at 12:41 delete

Bromo seolah tak pernah lekang dari incaran para wisatawan saat musim liburan datang, juga memiliki banyak sekali spot Foto yang instagramable abis :))

Reply
avatar
14 August 2017 at 12:03 delete

keren banget kak artikelnya

Reply
avatar
Krestiana
AUTHOR
29 March 2018 at 09:31 delete

thanks tips liburan ke bromonyaa. bermanfaat sekali bagi saya yang nanti bakal liburan kesana.

Reply
avatar
13 June 2018 at 11:48 delete

KOmplit sekali ulasannya, terimkasih min pasti banyak yang suka artikel ini untuk pandauan liburan ke gunung bromo

Reply
avatar
Eno
AUTHOR
19 August 2019 at 08:54 delete

Makasih infonya ..
share sedikit website kita ya http://www.oksport.net

Reply
avatar
Yose Suparto
AUTHOR
21 August 2019 at 03:16 delete

Penarikan paling Tercepat di DetikTrade
Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 menggunakan bank lokal
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal
3. Teregulasi di FCA UK
4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

Kunjungi website kami DetikTrade
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
WA : 087752543745

Reply
avatar
abu fatih
AUTHOR
14 September 2022 at 22:26 delete

salam kenal, izin merekomendasikan Sewa Lensa Surabaya Sidoarjo terlengkap

Reply
avatar
14 September 2022 at 22:30 delete

salam kenal, izin merekomendasikan Travel Umroh Surabaya Terbaik

Reply
avatar