hosting indonesia

Menikmati Indahnya Pantai Kolbano di Pulau Timor


Pulau Timor di Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki beberapa obyek wisata yang paling diminati oleh para wisatawan tak terkecuali juga oleh masyarakat lokal sendiri. Hampir di setiap sudut pulau ini terdapat spot menarik dikunjungi. Salah satu dari beberapa obyek wisata tersebut adalah Pantai Kolbano. Pantai yang terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Untuk mencapai Pantai Kolbano ini cukup melelahkan. Butuh waktu 3 jam menyambangi lokasi pantai ini bila berangkat dari Kota Kupang, ibu kota Provinsi NTT. Namun jangan khawatir rasa lelah akan terbayarkan jika Anda telah sampai di pantai tersebut.

Embusan angin pantai serta hamparan pasir yang luas akan menyapa pandangan mata anda dengan disertai suara debusan ombak di pinggir pantai ketika menginjakkan kaki di kawasan pantai ini.


JOKO DWI CAHYANA
Salah satu aktivitas wisatawan di Pantai Kolbano.

Pantai Kolbano memiliki keunikan tersendiri yang lain daripada yang lain. Biasanya sebuah pantai memiliki pasir putih atau warna lain di tepiannya, tidak begitu dengan Pantai Kolbano ini. Di tepi pantai ini dihiasi kerikil-kerikil warna-warni yang lembut dengan ukuran sebesar jari kelingking hingga kepalan tangan.

Satu lagi keunikan pantai ini adalah Anda bisa melihat matahari terbit dan terbenam dari satu tempat yang sama. Sehingga tidaklah mengherankan jika tempati ini menjadi lokasi favorit para fotografer yang ingin berburu moment-moment tersebut. Di pantai ini juga banyak wisatawan yang berpiknik di tepian pantai. Terutama bagi Anda yang menginginkan suasana berlibur yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sambil piknik, Anda pun dapat menyaksikan keindahan laut.

Tetapi sayangnya fasilitas pendukung di pantai ini tidak memadai seperti transportasi umum menuju pantai ini belum tersedia, warung makan, toilet, tempat ibadah dan tempat berteduh para wisatawan. Sebaiknya para wisatawan menggunakan kendaraan sendiri dan membawa bekal sendiri, di pantai belum tersedia warung. Tetapi tenang anda bisa penginap di pantai ini, karena rumah penduduk pantai ini bisa disewa sesuai kantong wisatawan.


JOKO DWI CAHYANA
Wisatawan di Pantai Kolbano, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Di areal wisata Pantai Kolbano, wisatawan dapat melihat sebuah tugu bersejarah yang dibangun untuk memperingati peristiwa Perang Kolbano antara masyarakat setempat melawan penjajah Belanda yang terjadi pada tahun 1907. Namun kondisinya terlihat apa adanya, tidak ada upaya pemerintah untuk mempercantik tugu bersejarah ini.

Namun sangat disayangkan, Pantai Kolbano sekarang terancam keindahannya. Kekayaan alam berupa kerikil warna-warni dan pasir pantai dibiniskan oleh warga dan pihak tertentu dengan menambangnya. Pemerintah setempat juga mengizinkan hal itu berlangsung. Bila ini dibiarkan, bukan tidak mungkin keunikan Pantai Kolbano ini hanya tinggal kenangan. Pemerintah harusnya lebih peduli akan kelestarian pantai ini, bukan semata-mata ingin "mengeruk" uang dengan cara yang sangat memprihatinkan tersebut. travel.kompas.
Previous
Next Post »