hosting indonesia

Taman Nasional Bantimurung, Makassar, Sulawesi, Indonesia


Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung adalah cagar alam dengan luas 480 km2 hanya 45 km sebelah utara Makassar / Ujung Pandang. Nama Bantimurang merupakan kombinasi dari 'membanting kemurungan'.
Taman ini terkenal dengan banyaknya kupu-kupu, pada 1856 Sir Alfred Wallace mengunjungi tempat ini dan beliau menyebut daerah ini sebagai 'Kingdom of butterflies' ('Kerajaan kupu-kupu'). Sebuah nama yang masih digunakan sampai sekarang. Sayangnya jumlah spesies kupu-kupu menurun secara signifikan dalam dekade terakhir. Dalam perhitungan pertama ada 270 spesies, pada tahun 1997 jumlah hanya 147 spesies dan pada perhitungan terakhir di tahun 2010 hanya bisa ditemukan 90 spesies. Selain penurunan spesies, jumlah kupu-kupu juga telah menurun secara signifikan: sebelumnya ada begitu banyak kupu-kupu, mereka akan berkumpul dalam kelompoknya masing - masing.
Taman Nasional Bantimurung
Peningkatan aktivitas manusia di daerah ini dianggap sebagai penyebab penurunan ini. Oleh karena itu pemerintah memulai program pengembang biakan kupu-kupu. Tapi meskipun mengalami penurunan yang signifikan, kamu masih bisa menikmati ribuan kupu-kupu berwarna-warni di sini terutama di dalam atau di dekat salah satu gua.

Selain kupu-kupu Taman Nasional ini terkenal dengan air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter. Air terjun ini merupakan tempat wisata menarik bagi sebagian besar pengunjung. Ada beberapa gua yang dapat kamu jelajahi, di belakang air terjun. Air terjun dan gua berada di dalam sebuah hutan tropis yang indah dengan tebing kapur.
Taman Nasional Bantimurang sangat populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dari Makasar pada akhir pekan, biasanya pengunjung pergi ke air terjun dan tempat rekreasi yang berdekatan.

Tiket masuk Taman Bantimurung adalah Rp 5.000 per orang dewasa. Tersedia penginapan bertarif rendah di sekeliling Taman Nasional dengan tarif Rp 50.000.



Akses ke Taman Nasional Bantimurung

Taman National Bantimurung dapat dicapai dari Makassar dengan menggunakan bus menuju ke Maros, beritahu kepada supir jika kamu ingin pergi ke Taman Nasional dan supir akan menurunkan kamu di suatu tempat, di mana kamu harus melanjutkan perjalanan dengan microlet yang akan membawa kamu ke pintu masuk taman. 

==============================================================

About Bantimurung National Park


Bantimurung National Park is a 480 km2 large nature reserve just 45 km north of Makassar / Ujung Pandang. The name Bantimurang is a combination of the words 'membanting kemurungan' which means 'getting rid of sadness'. The park is famous for its many butterflies. When Sir Alfred Wallace visited this area in 1856 he termed it the 'Kingdom of butterflies'. A name still used till today.
Unfortunately the number of species and amount of butterflies has dropped significantly in the last decades. In the first count there were 270 species, a count in 1997 stopped at 147 species. The last count in 2010 could only found 90 species. Also, besides a decline in species, the total amount of butterflies has dropped significantly: before there were so many butterflies they would gather in groups and drift by in a cloud.

Taman Nasional Bantimurung

Increased human activity in the area is seen as the cause of this decline. In a response the government has started a butterflies breeding program. But in spite of the decline you can still enjoy the thousands of multi-colored butterflies here especially in or near one of the caves.

Besides the butterflies this National Park is famous for the 15 meter high waterfall. This is the place where most visitors go to. Behind the waterfall are a few caves which you can explore. The waterfall and caves are set in a lush tropical forest with limestone cliffs.
Bantimurang National Park is especially popular in the weekends when local visitors from Makassar head out to the waterfall and adjacent picnic area.
Park entrance is Rp 5,000 per adult. Accommodation to spend the night is available inside the park perimeter for as low as Rp 50,000.

Getting to Bantimurung National Park

The park can be reached from Makassar by taking a bus heading to Maros. Tell the driver you want to go to the park and he will drop you at a place where you have to switch to a microlet which will get you to the park entrance.




Emoticon Komentar Klik disini
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Fraksi Rakyat
AUTHOR
5 April 2012 at 21:14 delete This comment has been removed by the author.
avatar