hosting indonesia

5 Destinasi Wisata Asia Bagi Si Jago Lari

Kalau dulu, orang lari cuma pengen sehat. Sekarang zamannya berbeda, lari juga bagian dari gaya hidup. Banyak yang serius banget lari dan terjun ke marathon untuk ngukur kemampuan mereka.

Buat para jago lari, tertarik menggebrak marathon di Asia? Berikut Wego perkenalkan destinasi-destinasi eksotis yang juga menjadi tuan rumah lomba marathon. Selagi marathon, kamu juga bisa mengeksplor lanskap spektakuler yang dijadikan setting balapan. So, where can you run this year? Temukan jawabannya di daftar berikut.

china_great_wall_marathon_0354_1
Tembok Besar China. Foto: www.great-wall-marathon.com

Great Wall Marathon

Beijing, China
17 Mei 2014
Apa daya tariknya? Tembok Besar China, makin tua makin menarik. Bangunan yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO tersebut merupakan bangunan terpanjang yang dibuat manusia ribuan tahun yang lalu. Tembok tersebut terdiri dari kumpulan tembok-tembok pendek yang mengikuti kontur pegunungan di China Utara. Secara keseluruhan, panjang tembok mencapai 8.850 kilometer.

Marathon. Ada tiga kategori yang dilombakan, yakni marathon santai, setengah marathon, dan marathon penuh. Rute marathonnya melewati 5.164 anak tangga yang ada di sepanjang tembok rasasa Negeri Tirai Bambu, cukup menantang. Nah, kalau daftar marathon maka kamu juga akan mendapat paket keliling Beijing dan pengalaman menginap di daerah perdesaan Jixian, China.

Buat para jago lari yang berhasil menyentuh garis finish, masing-masing akan membawa pulang medali marathon dan bisa melanjutkan perjalanan wisata ke sisi lain China. Dari Beijing, kamu bisa naik kereta ke Xi’an untuk berkunjung ke tempat Pasukan Terakota berada sambil wisata belanja di Muslim Quarter. Atau, kamu juga bisa naik kereta ke kota klasik Shanghai yang penuh pesona.
Cek cara daftarnya di www.great-wall-marathon.com

Bromo Marathon

Kaldera Tengger, Bromo, Jawa Timur
7 September 2014
Apa daya tariknya? Lanskap Kaldera Tengger yang luasnya mencapai 16 kilometer tentu lah menarik. Lima gunung api tumpang tindih dalam satu kawasan tersebut, masing-masing beririsan dengan Kaldera Tengger yang terbentuk 820.000 tahun yang lalu. Termasuk di dalamnya Bromo – gunung api termuda di antara kelimanya serta paling aktif di Jawa. Bromo merupakan gunung suci masyarakat Suku Tengger dan  merupakan gunung api paling dipuja oleh wisatawan di Indonesia.

Marathon. Memutuskan untuk mengeksplor lanskap marathon di negeri sendiri? Bromo Marathon mungkin cocok untuk kamu. Balapan lari ini berawal dan berakhir di Desa Tenggerese, Wonokitri, Jawa Timur. Dari sana balapan lari berlanjut ke Desa Podokoyo yang terletak di kaldera Tengger, lalu melintasi perbukitan hijau yang mengarah ke Desa Ngawu – tempat sebuah pura Hindu berdiri.

Selepas Ngawu, tarik nafas dan kuatkan mental untuk lari di tanjakan berlumpur yang menerobos hutan. Saat deretan hutan itu berakhir, trek akan menyempit dan kamu mulai berlari di tepian Kaldera Tengger yang amat megah.
Balapan lari kemudian berlanjut ke pinggiran titik pandang kawasan Dingklik, tempat pelari berjumpa lagi dengan jalur jalan beraspal dan terus menanjak sampai tampak panorama Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.
Cek cara daftarnya di bromomarathon.com

BM-Couse-Slide2-640x350
Bromo Marathon. Foto: bromomarathon.com

Angkor Wat International Half Marathon

Siem Reap, Kamboja
7 Desember 2014
Apa daya tariknya? Berlari di tengah situs arkeologi paling menakjubkan di dunia adalah bagian paling menarik dari Angkor Wat International Half Marathon. Kuil Angkor yang dibangun pada pertengahan abad ke-12 kaya akan gaya rancang bangun Khmer. Sepanjang balapan, kamu bisa fotoan dengan latar mempesona tersebut, berinteraksi dengan anak-anak yang tinggal sekitar kuil, dan berlari penuh gaya menerobos Victory Gate – poin yang menandakan bahwa kamu sudah menyelesaikan jarak sejauh 15 kilometer.

Ajang ini juga sifatnya sosial. Keuntungan yang diperoleh disalurkan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban ranjau di Kamboja dan ikut memerangi penyebaran HIV/AIDS di negara tersebut.

Marathon. Kompleks Kuil Angkor umumnya menawarkan trek yang datar dan teduh, sebab ada cukup banyak pohon-pohon tua yang meneduhi kawasan tersebut. Peserta lari juga diberi pilihan, yakni lari setengah marathon sejauh 21 kilometer, lari 10 kilometer, dan lari santai 3 kilometer untuk pemula. Tiap 2,5 kilometer, anak-anak Angkor akan membawakan botol air mineral untuk mengusir dahaga.

Cek cara daftarnya di angkormarathon.org
angkor-marathon3
Angkor Marathon. Foto: www.angkormarathon.org

Genghis Kahn Grassland Marathon

4-6 Juli 2014
Xiwuqi, Mongolia Dalam, China
Apa daya tariknya? Saat kamu berlari di tengah padang rumput Mongolia Dalam, yang ada cuma kamu dan beberapa pelari lain. Benar-benar sepi, damai.
Dan, yang gak kalah menarik adalah fakta bahwa lomba lari ini bertempat di ‘rumah’ Genghis Khan. Ibu kota kekaisaran Mongolia, Karakorum, jaraknya dekat sekali dengan lokasi lomba. Nah, lomba lari yang satu ini juga masih bagian dari Festival Genghis Khan yang berlangsung selama dua hari. Itu berarti, kamu juga bisa ikut ambil bagian dalam perayaan budaya dan kuliner unik tersebut.

Marathon. Waktunya dibatasi dan peserta Grassland Marathon akan melewati rute off-road dengan jarak berbeda-beda. Mulai dari 42,5 kilometer, 21,5 kilometer, dan 11, 5 kilometer. Treknya adalah tanah empuk, rumput, dan perbukitan, wuihhh bener-bener bikin kamu menyatu dengan alam.

Cek cara daftarnya di genghiskhanmtbadventure.com
DSC0152

Ladakh Marathon

Ladakh, India
14 September 2014
Apa daya tariknya? Ladakh – biasa dijuluki Tibet kecil – terletak di timur kawasan Jammu dan Kashmir. Tempat ini merupakan salah satu permukiman tertinggi di bumi. Di masa lalu, Ladakh termasuk perhentian utama para pedagang yang melintas di Jalur Sutra antara Asia Tengah dan India.

Marathon. Balap lari di ‘Atap Dunia’ tersebut melewati rute menuju rumah musim panas Dalai Lama, Leh-Manali, kawasan tempat tinggal pengungsi Tibet. Di hari lomba, biasanya ada empat even berlangsung secara bersamaan. Salah satunya lomba lari ultra-marathon di titik tertinggi dunia, pada ketinggian 5.360 meter.
Cek cara daftarnya di ladakhmarathon.com

Sumber : Wego.co.id
Previous
Next Post »