Taman Nasional Baluran "The Litle Afrika"




Informasi Wisata
LokasiBanyuputih, Situbondo, Jawa Timur.
TiketRp 6.000.- per mobil dan Rp 2.500.- per orang.
Waktu Buka24 jam
Fasilitas/ Obyek WisataPemandangan ala afrika

Taman Nasional Baluran atau sering disebut Africa van Java terletak di Kabupaten Situbondo, dekat sekali dengan perbatasan Situbondo-Banyuwangi. Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran  memiliki keindahan alam yang luar biasa, terutama hamparan padang sabana dan taman lautnya. Eksotika alam terbuka yang wilayahnya terletak di jalur utama Jawa-Bali itu menjadi alternatif wisata saat liburan, khususnya bersama keluarga. Padang sabana di Baluran luasnya sekitar 400 hektare yang berada di Blok Bekol. Di padang rumput yang luas itu, pengunjung bisa melihat sekawanan satwa, seperti rusa. Atau kalau malam hari bisa melihat kerbau dan banteng. Pemandangan paling menarik adalah sekumpulan burung merak di alam terbuka. Merak dikenal dengan keindahan bulunya saat dimekarkan.

Petualangan hebat yang dapat anda nikmati disini diantaranya:
  • Mengamati satwa dari menara pandang Bekol. Letaknya di atas bukit kecil di belakang pos Bekol. Sebaiknya Anda ke tempat ini pada sore atau pagi hari karena saat itu satwa seperti rusa sedang asik-asiknya jalan-jalan atau mencari makan. Dari sini anda juga bisa mengamati sunset di balik Gunung Baluran atau sunrise Selat Bali lho. Ingat, kesini wajib bawa kamera untuk mengabadikan jika anda tidak ingin menyesal nantinya hehehe, kalo bisa sekalian pakai lensa tele supaya bisa menangkap gambar satwa yang nun jauh di savana.
  • Bersafari malam di Savana Bekol, bisa dengan jalan kaki atau naik kendaraan. Demi keamanan sebaiknya memakai kendaraan, karena di sana masih banyak ular berkeliaran. Anda bisa melihat burung hantu, burung-burung malam yang suka berkumpul di tengah jalan, bisa melihat satwa seperti rusa di malam hari dari jarak dekat. Mata-mata mereka menyala terkena sorot lampu.
  • Ini yang bikin Taman Nasional Baluran tempat wisata yang lengkap, karena disini ada olahraga air di Pantai Bama. Semakin siang lautnya semakin terlihat berwarna biru dan semakin jernih. Ada beberapa pilihan: berjemur, berkano, atau bersnorkeling. Tapi untuk bisa melihat karang yang indah dan ikan-ikan yang cantik kita harus berenang agak jauh dari bibir pantai. Tapi, masih aman karena lautnya dangkal.wisatapanorama.
Previous
Next Post »