hosting indonesia

Backpacker 'Menyelinap' ke Malaysia lewat Jalur Darat


backpacker, backpacker irit, malaysia, Tebedu, Entikong, Kalimantan Barat, Kuching, wisata kalbar, pontianak, Damri, bukit, Wisata Alam, borneo,
Tebedu, Malaysia (Foto: Mutya/Okezone)
MASUK ke Negeri Jiran tidak hanya bisa melalui jalur udara. Bagi Anda yang ingin bertualang, bisa juga memasuki Malaysia melalui Entikong, Kalimantan Barat.

Banyak jalan menuju Malaysia. Salah satu rute yang menarik dan mungkin tidak banyak dilakukan wisatawan Indonesia adalah memasuki negara tetangga lewat jalan darat di Kalimantan Barat.

Wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia di Kalimantan Barat adalah Serawak, dengan ibu kotanya Kuching. Karena itu, mudah untuk mengunjungi negara ini dari Ibu Kota Kalbar, Pontianak.

Beberapa waktu lalu, team kami berkesempatan melewati perbatasan Indonesia-Malaysia yang berada di Entikong, Kalimantan Barat, dengan mobil pribadi. Sopir kami, Anto, yang merupakan warga asli Pontianak, mengatakan bahwa banyak bus antarnegara yang siap mengantar wisatawan dari Pontianak ke Kuching.

"Ada bus Malaysia, ada juga bus Indonesia. Biasanya dari Pontianak pakai bus Damri yang langsung ke Kuching. Perjalanan dari Pontianak menuju Kuching kira-kira 8-10 jam," ceritanya.

Sepanjang perjalanan kami dari Pontianak menuju Kuching, memang terlihat banyak bus antar negara. Kondisi bus pun beragam, ada bus super eksekutif yang sangat mewah hingga bus ekonomi yang berhenti di banyak kota.

"Biasanya bus ini berangkat malam atau pagi sekali. Karena pos perbatasan di Entikong hanya buka pukul 06.00-18.00 WIB," ujarnya.

Selain bus, Anda juga boleh membawa mobil pribadi ke wilayah Malaysia. "Tapi biasanya ada biayanya untuk izin. Mobil tersebut juga harus lengkap surat-suratnya," cerita Anton. Saat kami memasuki wilayah Kuching, memang sesekali terlihat mobil dengan plat nomor Indonesia di kota tersebut.

Jalanan dari Pontianak menuju Kuching relatif mulus, hanya siap-siap mabuk darat bagi Anda yang tidak biasa berpergian dengan mobil. Jalanannya cenderung menanjak dan menurun sepanjang jalan.

Saat di wilayah Kalimantan, di sisi kanan dan kiri Anda akan ditemani pemandangan hutan dan perkebunan sawit yang sejuk. Di malam hari, jalanan menjadi gelap karena penerangan hanya dari mobil atau truk yang lewat serta rumah-rumah penduduk di tepi jalan.

Masuk ke wilayah Malaysia di Tebedu, Anda akan melihat jalanan yang lebih lebar dari Indonesia. Jalanannya lebih mulus dan juga lebih menanjak dari sebelumnya. Pemandangannya adalah bukit-bukit hijau yang terlihat jauh dari jalanan.

Perjalanan darat dari Pontianak menuju Kuching mungkin melelahkan. Namun, tidak ada salahnya mencoba, apalagi bila Anda bosan hanya melihat pemandangan awan, seperti bila berpergian dengan pesawat. Okezone.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
15 October 2016 at 08:43 delete

Perknalkan nama...Saya muhammad asep yang kemarin OM brikan Nomer 3D,Saya asal dari medan.Kerja jadi Tkw Di Jeddah, mau mengucapkan banyak trimakasih kpd OM AGUS sdh membantu kami melalui angka KL 3D keluaran 130 allahamdulillah benar-benar meledak akhirnya dapat BLT Rp.96jt, sesuai niat kami kemarin OM, klo sdh tembus, kami mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi tkw, kapok om dpt siksaan trus dari madam,sekali lagi trimakasih byk OM saya tdk bakal lupa seumur hidup saya atas batuan & budi baik om terhadap kami. Bagi teman2 tki & tkw yg lagi kesusahan/ingin pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet, sdh tdk ada jalan lain lg.kami temukan solusi yg tepat akuratt & trpercaya banyak yg akui ke ahliannya di internet/facebook dengan jaminan tdk bakalan kecewa,jelas trasa bedahnya dengan peramal yang lain, OM AGUS sdh membantu puluhan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,demi allah ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami om sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami. Jika anda merasa sulit menang LOTTERY/TOTO dll. silahkan join dengan OM AGUS siapa cepat dia dapat, TERBATASI penerimaan member...!!!wajib hanya 5 member bisa diterimah dlm 1x putaran. Langsung call OM AGUS Di +6285397766615

Reply
avatar
Romlah Afita
AUTHOR
15 December 2019 at 19:46 delete

Assalamualaikum,, saudaraku semua yg ada diperantauwan. Izinkan sy berbagi cerita disini siapa tau dapat bermanfaat.. sy seorang mantan TKW dulu kerja di Taiwan pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jd Tkw di taiwan hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu mengharap tpi tdk ada hasil memuaskan. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tapi setelah sy melihat crta teman sy yg dulu kerja di Singapura di beranda FB tentang kyai haji Abdul salam akhirnya sy tertarik meminta bantuan sama beliau.. Alhamdulillah berkat bantuan kyai haji Abdul salam melalui dana gaib sy bisa balik kampung dan sekarang sy sudah punya usaha sendiri.. Bagi saudara(i) yakin dan percaya ingin seperti sy slhkan hub kyai haji Abdul salam di no WhatsApp 085'298'892'338 atau bisa kunjungi situs resmi beliau di www.programdanagaib.com atau klik DISINI semoga pesan sy ini bisa bermanfaat terima kasih...

Salam satu jiwa

Reply
avatar