hosting indonesia

Wisata Sumatera : Pantai Sumur Tiga "Kristal di Pesisir Samudera yang Damai"

Pastikan kunjungan Anda saat ke Sabang menyambangi keindahan yang alami dan damai dari Pantai Sumur Tiga. Lokasinya nan menawan hati di pantai timur Pulau Weh, sekira 15 menit dari Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Pantai ini akan memukau siapa pun yang menyambanginya.

Pantai ini diberi nama Sumur Tiga karena memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya. Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai Iboih atau pun Pantai Gapang. Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau bak kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak. Panorama pantainya membentangkan laut biru dipadu angin sepoi yang menggerakkan nyiur di pinggir pantai.

Pantai jernih dengan air laut berwarna biru kehijauan adalah pemandangan yang sangat menenangkan jiwa. Pohon kelapa yang dihembuskan oleh angin laut pastinya akan membuai Anda saat rebahan di pasir pantai atau duduk di rerumputan dan bawah pohon kelapa. Jangan lupakan juga di sini berdiam begitu banyak benteng sisa Pendudukan Jepang untuk dijelajahi meski sayang kurang terawat.

Apa yang tersaji di sini adalah perpaduan keindahan dan kedamian yang sesungguhnya menghadap langsung ke samudera luas. Akan Anda dapati wisatawan di sini menikmati liburan mereka dengan santainya. Tiduran di pasir putihnya, bercengrama dengan orang yang mereka sayangi, berenang di laut jernih, atau berbincang dengan warga setempat, akan menjadi kegiatan pengisi waktu di pantai ini.

Akomodasi
Pantai ini dekat dengan kota tetapi suasananya terasa tenang dan santai. Resort yang mungkin akan sempurna untuk bermalam di Pantai Sumur Tiga adalah Casa Nemo dan Freddie Santai Sumur Tiga yang dikelola Freddie, seorang warga Afrika Selatan. Lokasinya hanya 15 menit dari Kota Sabang. Kisaran harganya yaitu Rp185,000,- hingga Rp280,000,-.

Freddie Santai Sumur Tiga
Tel: +62 (813) 6025 5001
E-mail: Santaisumurtiga@yahoo.com.
Web: http://www.santaisumurtiga.com

Casa Nemo
Pantai Sumur Tiga
Tel: +62 813 6038 0104 or +62 813 6299 9942
Web: http://www.casanemo.com

Ada beberapa akomodasi di Sabang apabila Anda memilih hanya mengunjungi Pantai Sumur Tiga tanpa menginap. Berikut ini akomodasi lain di Sabang.

Guest House Pantai Kasih
Jalan Sultan Hasanuddin, No.10, Sabang
Telp : +62652 21066
Mobile: +62813 7734 7444
Phone: +62-652-21066
Web: www.pantaikasih.com

Sabang Guest House
Jl. Teuku Umar No.23-25
Kota Bawah, Sabang
Telp/fax: +62-652-21186

Holiday Hotel
Jln. Perdagangan Belakang
Kota Bawah – Sabang
Telp : +62-652-21131

Hotel Sabang Hill
Jl. Iskandar Muda
Telp: +62652 21344

Losmen Sabang Merauke
Jl. Teuku Umar No. 126
Kota Bawah, Sabang
Telp: +62-652-21256

Hotel Kartika
Jl. Teuku Umar No. 21
Kota Bawah, Sabang
Telp: +62-652-21344

Hotel Sabang Jaya
Jl. Teuku Umar No. 17-19
Kota Bawah, Sabang
Telp: +62-652-22168

Kartini Home Stay
Jl. Teuku Umar no. 25
Kota Bawah, Sabang
Telp: +62-652-21256

Losmen Irma
Jl. Seulawah No. 3, Sabang
Telp: +62-652-21148

Wisma Zahira
Jl. Sultan Hasanuddin, Sabang
Telp: +62-652-22444

Tips
Untuk menyewa kendaraan berupa sepeda motor, sepeda, atau mobil maka Anda bisa dapati di penginapan atau dari Pelabuhan Balohan.

Mengingat di Pulau Weh SPBU tidaklah banyak maka pastikan Anda rutin mengecek ketersedian bensin atau warga setempat menamakannya minyak. Di pinggir jalan biasanya tersedia penjual bahan bakar apabila sewaktu-waktu darurat Anda membutuhkannya.

Sabang seperti juga daerah lain di Provinsi Aceh menerapkan Hukum Syariah Islam meski di sini terbilang lebih longgar karena banyak wisatawan mancanegara.  Makanan di Sabang pastinya jenis yang halal termasuk minuman yang tidak beralkohol. Di beberapa tempat tertentu minuman beralkohol dapat ditemukan dan khusus untuk wisatawan mancanegara.

Berbelanja
Beberapa souvenir menarik dapat Anda temukan di Jalan Perdagangan, Sabang, seperti cenderamata dari batok kelapa hasil karya masyarakat Desa Ie Meulee-Ujung Kareung. 

Oleh-oleh untuk Anda yang modis mengapa tidak membeli kaos t-shirt yang berdesain unik khas Sabang di Jalan Cut Mutia, Sabang, yaitu di toko distro Piyoh.

Ada beragam aneka kudapan khas Sabang di Gampong Wisata Aneuk Laot. Di sini dijual kue kara, sepet kue, dodol, dan peuajoh aceh.

Berkeliling
Untuk berkeliling Pulau Weh atau Sabang maka Anda bisa menyewa mobil atau motor agar petualangan menjadi lebih mudah. Berkeliling dengan sepeda atau motor akan menjadi sensasi yang menarik dan berkesan. Baca tautan berikut untuk pengalaman sensasi berkendara sepeda motor di Sabang.

Sabang adalah sebuah kotamadya dari Pulau Weh yang dapat dijelajah dalam 1-2 hari. Apabila Anda berkeinginan mengunjungi beberapa tempat menarik yang masih bernuansa pantai maka kunjungi juga pantai-pantai berikut ini.

Pantai Gapang
Jalan Sabang – Iboih KM 21

Pantai Kasih
Jl.Hasanudin,

Pantai Teupin Layeu
Desa Iboih Km 23

Pantai Ujung Kareung
Desa Ie Meulee, Pulau Weh

Transportasi
Untuk menuju Pulau Weh maka Anda bisa menggunakan kapal cepat (feri) atau kapal lambat dari Pelabuhan Ulee Lheue di Kota Aceh ke Pelabuhan Balohan di Sabang.

Terletak di pantai timur Pulau Weh, Pantai Sumur Tiga hanya 5 menit berkendara dari Kota Sabang. Anda dapat mencapainya dengan mudah menggunakan mobil sewaan yang di sini disebut taxi. Harganya berkisar antara Rp70.000,- hingga Rp150.000,-.

Dari Kota Sabang menuju Pantai Sumur Tiga, jalanannya mulus dengan pemandangan di kiri kanannya berupa pepohonan besar dari hutan tropis.

Kuliner
Makanan dan minuman di Sumur Tiga cukup lezat dengan menu makanan Eropa dan Indonesia. Harganya pun tidaklah terlalu mahal.

Kuliner Sabang akan menyajikan untuk Anda beragam makanan olahan laut. Termasuk di sini adalah mie aceh dengan kepiting. Mie aceh dikenali dengan ukuran mienya yang lebih besar dibandingkan mie umumnya. Olahan mie biasanya digoreng atau menggunakan kuah. Melengkapi kelezatannya adalah taburan bawang goreng dan emping. Anda juga akan merasakan bumbu khas Aceh yang cukup pedas berselera. Untuk melegakannya, nikmati saja segelas es jeruk atau sebuah es kelapa yang nikmat. Bagaimana, tertarik mencicipi?
O’ya, jangan lupa juga mencicipi kopi aceh yang terkenal itu. Anda bisa mendapatinya saat berjalan-jalan malam hari di Kota Sabang. Ada banyak warung kopi yang menyediakan kopi aceh dengan cara penyajian yang unik.

Kegiatan
Terhampar di sini sekitar 2 mil pantai berpasir putih yang cocok bagi pecinta pantai atau untuk berbulan madu. Jangan kaget kadang dari sini terlihat lumba-lumba dan pastinya aktivitas nelayan saat menangkap ikan dengan bentuk perahu yang berbeda dari kebanyak perahu di Nusantara.

Nikmati pesisir pantai yang indah ini dengan mengelilingi kontur bukit hijau dari hutan tropis. Berjalan-jalanlah menyusuri pantainya lalu bercengkrama dengan nelayan atau anak-anak setempat yang sedang bermain. Temukan keceriaan dan kedamaian sesungguhnya dari kehidupan yang jauh dari kesibukan kota di sini.

Pantai Sumur Tiga adalah surga untuk Anda melakukan aktivitas diving dan snorkling seperti juga di Pantai Iboih dan Pantai Gapang. Pasirnya berwarna putih dan sangat bersih, kontras dengan gradasi laut berwarna biru muda menuju biru tua. Pantai ini juga masih sepi pengunjung dan terbilang bersih.

Anda juga dapat melakukan aktivitas selancar angin di sini dimana perairan Sabang yang tenang namun berangin kencang sudah pernah menjadi lokasi kejuaraan selancar angin. Cobalah juga memancing di sini karena tak sulit untuk mendapatkan hasil memuaskan. Anda dapat pula memancing di laut dalam bila berkenan. indonesia.travel.
Previous
Next Post »