hosting indonesia

5 Fakta menarik tentang Candi Prambanan

Prambanan sering disebut-sebut sebagai candi Hindu terkeceh di planet ini. Posturnya ramping dan jangkung, benar-benar peninggalan Jawa kuno yang menawan.

Candi Prambanan. Foto: Clara Rondonuwu
Candi Prambanan. Foto: Clara Rondonuwu
Ada rencana liburan ke Candi Prambanan? Kebetulan banget dong, kali ini Wego mau ngungkapin fakta unik tentang Candi Prambanan.

 1) Candi Siwa terbesar
Candi Siwa, candi tertinggi dalam kompleks Candi Prambanan merupakan bangunan pemujaan Siwa terbesar yang ada di Indonesia. Puncaknya menjulang sampai 47 meter. Dugaan sejarawan, saat Prambanan dibangun pada abad ke-9, agama yang dianut Kerajaan Medang Mataram beralih dari Buddha Mahayana ke pemujaan terhadap Dewa Siwa.

2) Replika Gunung Mahameru
Bernama asli Siwagrha, Prambanan dirancang menyerupai rumah Siwa. Artinya meniru bentuk dari gunung suci Mahameru, tempat dewa bersemayam.
Setiap bagian dari kompleks candi juga meniru pola alam semesta yang dianut oleh kosmologi Hindu. Terbagi menjadi beberapa lapis loka, mulai dari yang kurang suci sampai yang paling suci.

3) Candi Menara Sudut yang paling suci
Walaupun bukan candi utama yang menyimpan patung Mahadewa Siwa, menurut pengelola Prambanan, Candi Menara Sudut merupakan wilayah paling suci di kompleks Candi Prambanan.

4) Searah jarum jam
Kalau mau mengikuti kisah Ramayana yang menghiasi lorong-lorong Candi Siwa, kamu harus masuk dari sisi timur lalu pradakshina. Yang disebut pradakshina adalah jalan memutar sesuai arah jarum jam. Lanjutan dari cerita Ramayana bisa kamu temukan di Candi Brahma yang terletak di sisi selatan.

5) Halilintar
Coba lihat puncak dari Prambanan. Ada semacam mahkota, disebut puncak mastaka, yang melambangkan intan atau halilintar. Wego
Previous
Next Post »