“Hanoi: Eksotisme Prancis Di Asia”



Hanoi kurang populer di kalangan pelancong asal Indonesia, jika bicara tentang Vietnam umumnya mereka hanya menyebut Saigon (Ho Chi Minh City). Bagi anda yang ingin berlibur ke daerah Indocina, tak ada salahnya melirik Hanoi, kota seribu danau, sebagai destinasi berikut anda.
Berwisata ke Hanoi bukan hanya murah, namun juga menjanjikan pengalaman yang unik. Lokasi Hanoi yang berdekatan dengan Halong Bay dan Sapa membuat kita dapat mengunjungi 3 tempat indah ini dengan mudah dan hemat.
Sekilas Info:
Ibu kota Vietnam ini merupakan kota tua (umurnya sudah 1000 tahun) yang bercita rasa: Prancis, Cina dan Vietnam. Suasana kolonial dilengkapi pemandangan pagoda dipadu dengan atribut komunisme, semuanya membuat Hanoi menjadi kota unik yang tak ada duanya di Asia. Suasana kota Hanoi yang asli, jauh dari modernisasi membuatnya menjadi “hottest Asia travel spot” di kalangan turis Barat. Kurs mata uang Vietnam yang lemah pun menjadi daya tarik bagi kita. Jika USD 1 berharga 9000 IDR, di Hanoi 1 USD bisa berharga 16,000 VND.


1. Prakiraan Biaya:

Traffic di Kota Hanoi
Traffic di Kota Hanoi
Perkiraan biaya ini dihitung menggunakan standar backpacker santai, jika anda beruntung (mendapatkan diskon di penerbangan atau hotel) atau lebih berhemat maka tentu biaya yang anda keluarkan akan lebih sedikit.
1-A-1. Penerbangan
Ada banyak option jika anda ingin terbang ke Hanoi. Yang paling umum adalah menggunakan Air Asia via Kuala Lumpur. Harga tiket terakhir yang saya cek adalah USD176 untuk PP. Opsi lain adalah Malaysia Airlines, seharga USD220, Vietnam Airlines USD180, Singapore Airlines USD200 (promo), Jetstar USD180. Selain SQ, harga tersebut adalah harga NON PROMO. Harga tiket termurah yang saya dapat malah dari Tiger Airways, USD100 untuk PP. Silakan mengecek lagi karena harga pasti akan terus berubah.
Kantor Pos Hanoi
Kantor Pos Hanoi
1-A-2. Jalur Darat
Sangat jarang pelancong yang masuk ke Hanoi lewat jalan darat, salah satu rute populer adalah dari/ke Kunming (Cina). Umumnya para pelancong dari Kunming akan naik bis (10 jam USD 17) ke Hekou, lalu menyeberang ke Lao Cai sebelum membeli tiket kereta ke Hanoi (USD 6 – USD 30 – 8 jam – tergantung kelas).
1-B. Akomodasi
Ada banyak akomodasi di Hanoi dan anda tak perlu takut kehabisan tempat. Cara yang paling mudah adalah melakukan booking di Hostelworld, Asiarooms maupun di website hotel masing-masing. Tersedia banyak jenis kamar, mulai dari $5 hingga yang mahal. Pastikan bahwa hotel anda berlokasi di
Landmark Khas di Hanoi
Landmark Khas di Hanoi
Old Quarter, karena lokasi inilah yang paling dekat dengan berbagai objek wisata di Hanoi.
Ada terlalu banyak hotel dan hostel di Hanoi, namun inilah sedikit dari beberapa pilihan favorit kami:
-Little Hanoi Hotel – Dorm dan Ruangan Hotel. $6 – $20. 48 Hang Ga – Hanoi. Booking via website: http://www.littlehanoihostel.com atau Hostelworld
-Golden Sun Hotel – Ruangan Hotel (no dorm). $25 – $35. Mempunyai 4 cabang, booking via website http://goldensunhotel.com
-Hanoi Elegance – Hotel favorit penulis. Mid Range. $35 – $95. Mempunyai 4 cabang, booking via website http://hanoielegancehotel.com

WARNING: Ada banyak hotel palsu di Hanoi yang meniru nama hotel terkenal. Misalnya hotel Little Hanoi, banyak hotel palsu yang mencomot namanya. Hotel palsu ini bekerja sama dengan supir taksi di bandara dan stasiun untuk memaksa anda tinggal di hotel mereka. Pastikan anda diantar ke hotel tujuan anda dengan alamat yang benar. Jika ingin menghemat waktu, anda bisa booking hotel dahulu lalu kontak hotel yang bersangkutan untuk menjemput anda dari airport, biayanya $15. Jika anda naik taxi dari airport, biayanya sekitar $10 – $12.
1-C-1 Makanan Halal
Dripping Style Coffee ala Vietnam
Dripping Style Coffee ala Vietnam
Hanoi merupakan surga kuliner dengan berbagai macam makanan yang menggiurkan. Namun seperti di negara Indocina umumnya, jika anda mencari restoran halal, pilihan hanya terbatas pada makanan India dan Malaysia, harganya pun cenderung lebih mahal. Berikut adalah daftar restoran yang mengklaim dirinya halal di Hanoi (penulis tidak bertanggung jawab dan tidak berafiliasi dengan restoran ini):
1. Nisa – Makanan Malaysia, Indonesia, India dan Vietnam. Nguyen Huu Huan 90, daerah Old Quarter. 9261859
2. Tandoor – India – Hang Be 24, daerah Old Quarter, 84 4 38245359
3. Khazaana – India – 1C Tong Dan – 3934 5657/ 3934 3513
4. Warung Sri Belango – Malaysia – 26 Ông Ích Khiêm – Daerah Ba Dinh – Agak Jauh dari Old Quarter – 8 4 4734 7216

1-C-2 Makanan Lokal
Pho Bo
Pho Bo
Jika halal atau tidak bukan menjadi masalah, salah satu signature dishyang harus dicoba adalah Pho (baca fe). Ada banyak jenis Pho, namun yang paling gampang dicari adalah Pho Bo (sapi), dan Pho Ga (ayam). Selain Pho, makanan favorit lainnya adalah Bun Cha (risoles babi yang dibakar di arang, disajikan dengan bun – mie putih, sayur dan dipping). Nem adalah favorit lainnya yaitu lumpia, nem ran artinya lumpia goreng, nem cua beartinya lumpia kepiting.
Makanan lainnya adalah Cha Ca, yaitu ikan goreng yang dimasak dengan bumbu kuning, langsung di meja anda. Xoi, ketan harum yang disajikan dengan topping (ayam atau babi). Thit Cho, olahan daging anjing yang sangat populer di musim dingin. Selain itu kopi Vietnam, drip style, juga banyak dijumpai di mana-mana. Tak perlu kuatir akan sarapan, karena di pagi hari banyak pedagang yang
menjual roti baguette (banh my), anda bisa memilih topping pate (daging) atau trung (baca chung – telur).Che, alias es dawet, juga tersedia di mana-mana.

Berikut adalah daftar warung makan favorit, rata-rata makanan di Hanoi berharga VND11,000 – VND 20,000, jika lebih harga akan ditulis di bawah.
Cha Ca
Cha Ca
1. Pho Ly Quoc Su, Jalan Ly Quoc Su 10. Salah satu kedai Pho favorit penulis, murah dan enak. Jangan lupa meminta Cakue (que) untuk disajikan dengan pho. Lunch + Dinner.
2. Xoi Yen, Nguyen Huu Huan 35b. Murah dan enak. Topping ayamnya sangatlah populer. Lunch + Dinner.
3. Bun Cha Hang Manh, Hang Manh No 1. Porsi raksasa, 60k VND satu orang, sudah termasuk lumpia kepiting. Lunch Only.
4. Cha Ca Thanh Long, Duong Thanh No 31, 80k VND seorang. Jauh lebih enak dan lebih murah dari Cha Ca La Vong. Must try. Lunch + Dinner.
5. Thit Cho, jalan Au Co (jalan yang menyusuri Ho Tay – West Lake menuju Sungai) sangat terkenal dengan Thit Co.
6. Fanny Ice Cream, tepat di pinggir Hoan Kiem. Es krim Prancis, 13,000 VND per scoop.Le Thai To No 48.
7. Kem Trang Tien, Trang Tien No 54. Es krim yang sangat populer di Hanoi, biasa saja tapi murah meriah, VND 5000 seporsi.

1-C-3 Bar & Nightlife
Hanoi didominasi oleh ratusan atau ribuan kedai Bia Hoi yang tersebar di mana-mana. Umumnya orang minum bir (murah, 3000 VND), namun mereka juga menjual berbagai minuman lain seperti soft drinks. Pengalaman duduk di kursi kedai Bia Hoi sambil melihat orang jalan adalah pengalaman yang wajib dirasakan di Hanoi. Bergegaslah pulang karena umumnya kota sudah sepi pada pukul 10 malam ke atas.
1-D-2 Transport
Xe Om (Ojek) merupakan sarana transport termurah dan praktis. Umumnya turis meminta hotel untuk menyewakan ojek untuk sehari. Selain ojek, taxi juga banyak tersedia di Hanoi. Harap berhati-hati karena taxi di Hanoi banyak yang mengutak-atik argonya dan meminta uang lebih. Tiga operator terpercaya adalahHanoi Taxi (Tel (04) 38 535353), Taxi CP (Tel. (04) 38 262626), Mai Linh Taxi (Tel. (04) 38 616161). Jika kesulitan mencari Taxi, anda bisa menelpon mereka untuk mengirim Taxi.
2. Objek Wisata
Ho Chi Minh Mausoleum
Ho Chi Minh Mausoleum
1. Ho Chi Minh Mausoleum, agenda utama di sini adalah melihat jasad Ho Chi Minh yang sudah diawetkan. Hanya buka di pagi hari sampai jam 11. Baju harus sopan.
2. Temple Of Literature (Van Mieu), universitas Konfusian pertama di Hanoi. Didirikan pada 1070. 9 – 5 sore. Jalan Quoc Tu Giam.
3. Hoa Lo Prison, penjara yang diberi nama Hanoi Hilton. Jalan Hoa Lo. 9 – 4 sore, tutup di jam makan siang.
4. Old Quarter, daerah besar di sekitar Danau Hoan Kiem. Penuh dengan toko-toko lama dan jalan-jalan yang simpang siur.
5. Danau Hoan Kiem, danau terindah di Hanoi dengan jembatan merah menuju kuil, cocok untuk duduk-duduk sambil people watching.
6. Ho Tay (danau barat), danau yang sangat besar, tempat yang paling bagus untuk mengamati sunset.
7. St Joseph Cathedral, gereja bernuansa Gothic yang masih aktif sampai sekarang, jalan Nha Tho.
7. Luar kota Hanoi: Halong Bay, Sapa, dan Ninh Binh.

2-A-1 Saran Itinerary
Umumnya visitors menghabiskan waktu 4 hari 3 malam di Hanoi. Visitors yang ingin ke Sapa dan Halong Bay wajib menambah 1 atau 2 malam.
St Joseph Cathedral
St Joseph Cathedral
3. Cuaca
Ada 4 musim di Hanoi, secara umum cuaca akan dingin pada bulan November hingga Februari (sekitar 10 Celcius). Maret hingga Mei, musim semi. Hingga puncaknya pada bulan Juni sampai Agustus, musim panas (bisa 40 Celcius).
4. Packing List
5. Tips
-Mata uang Vietnam adalah Dong, harap menukarkan seperlunya karena sangat susah untuk menukarkan Dong kembali ke USD.
-Antrilah di antrian Taxi resmi di Bandara, jangan tergoda bila ada calo yang menawarkan anda taxi. Taxi resmi hanya bisa anda peroleh di counter resmi di mana orang mengantre. Karena banyaknya supir taksi yang mengutak-atik argonya, anda mungkin akan menghemat waktu, biaya dan tenaga dengan mengatur jemputan dari hotel.
-Harga suvenir di Vietnam lumayan mahal, jangan sungkan untuk menawar, saya sendiri tidak membeli banyak di sana selain kaos.

Galeri Foto:
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments