Medan : Megahnya Masjid Raya Al-Mashun


Seperti masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dibangun di Jakarta dan masjid Baitturahman yang ada di Aceh, keduanya adalah masjid terbesar dan dibangun dengan megah. Medan juga mempunyai masjid terbesar yang menjadi kebanggaan orang-orang Medan. Masjid Raya Al-Mashun adalah masjid terbesar Medan dan dibangun di pusat kota yang berdekatan dengan banyak fasilitas umum seperti pertokoan, rumah-rumah, restoran, mall dll. Masjid ini sungguh indah dan sangat megah dan sekaligus merupakan masjid Kerajaan Deli. Adalah Sultan Mamaun Al-Rasyid yang memprakarsai dibangunnya masjid tersebut pada tanggal 21 Agustus 1906 dan selesai tanggal 10 September 1909. Masjid Raya Al-Mashun atau sering disebut Masjid Agung Medan berdekatan dengan lokasi Taman Sri Deli dan Istana Maimun yang berjarak 200 meter dari masjid ini.


Keindahan Masjid Raya Al-Mashun nampak dari luar area masjid terdapat halaman berumput hijau di sisi kanan dan kiri seluas 1 hektar. Terlihat dari luar bangunan utama masjid berbentuk persegi dengan persegi-persegi kecil di setiap sudutnya. Memasuki pintu gerbang masjid, para jemaah akan disambut dengan desain interior yang sangat menakjubkan dengan arsitektur bergaya timur tengah, Eropa dan India. bangunan masjid banyak dipengaruhi arsitektur timur tengah, dapat pula ornamen-oranamen yang sangat cantik di dinding masjid diukir ala timur tengah. Bangunan masjid raya Medan ini sungguh menakjubkan, dibangun dengan bentuk simteris segi delapan. masjid Al-Mashun memiliki lima bagian utama yaitu ruang utama, tempat wudhu,menara, dan gerbang masuk.
Untuk menuju ke Masjid Raya Al-Mashun, anda dapat menggunakan angkot yang menuju ke arah terminal Amplas melewati masjid raya. jika dari lapangan Merdeka, anda dapat menuju ke stasiun kereta api Medan dan menyambung angkot no 81 dan 64 yang akan menuju ke masjid raya.
Sumber
Previous
Next Post »