Wisata Jogja : Upacara Melasti di Gunung Kidul Yogyakarta

Menjelang Hari Raya Nyepi, umat Hindu menyelenggarakan serangkaian upacara. Salah satunya adalah Melasti. Upacara yang dilaksanakan setahun sekali ini dimaksudkan agar seluruh umat Hindu diberi kekuatan lahir batin oleh Sang Hyang Widhi ketika menyepi. Upacara Melasti menggunakan air sebagai unsur utama, sehingga tempat-tempat seperti sungai, mata air, dan pantai menjadi tempat berlangsungnya upacara tersebut.
nyepi, hindu, Melasti, pantai, laut, Gunungkidul, Yogyakarta , jogja, yogya, wisata, liburan, murah, Pantai Ngobaran, wisata jogja, backpacker, promo, tiket, wisata tiket,
Foto Ilustrasi
Menyaksikan upacara Melasti tidak harus di Bali. Umat Hindu di Gunung Kidul, Yogyakarta juga rutin melaksanakan Melasti di Pantai Ngobaran, Saptosari. Pemilihan lokasinya tidak sembarangan. Pantai Ngobaran yang memiliki nilai historis tinggi dipilih sebagai tempat Upacara Melasti.
Menurut cerita masyarakat setempat, salah seorang Raja Majapahit bernama Prabu Brawijaya V pernah melakukan tapa brata di Pantai Ngobaran untuk mencapai moksa (kesempurnaan hidup). Pada tahun 2003, dibangun Pura Segara Wukir di pantai ini. Sejak saat itu, Pantai Ngobaran menjadi lokasi diadakannya Upacara Melasti menjelang Hari Raya Nyepi.
nyepi, hindu, Melasti, pantai, laut, Gunungkidul, Yogyakarta , jogja, yogya, wisata, liburan, murah, Pantai Ngobaran, wisata jogja, backpacker, promo, tiket, wisata tiket,
Umat Hindu melarung sesaji dalam upacara Melasti di Pantai Ngobaran, Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Kamis (5/3). Upacara tersebut merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi tahun Baru Saka 1937 yang bertujuan untuk menyucikan alam dan diri.
Upacara Melasti di Gunung Kidul diawali dengan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan pemberian air suci kepada umat. Air ini diberikan oleh Pendeta Agung dengan cara dipercikkan dengan daun. Kemudian, masuk ke acara puncak yaitu melarung sesaji beserta sejumlah hewan seperti ayam, bebek, dan burung. Sesaji yang dilarung tersebut melambangkan kotoran duniawi yang harus dibuang agar manusia dapat hidup selaras dengan alam dan masyarakat.
Gunungan yang dekat dengan tradisi Jawa juga tak ketinggalan di Upacara Melasti. Setelah pelarungan sesaji selesai, masyarakat akan memperebutkan gunungan yang berisi berbagai jenis hasil bumi. Acara berebut gunungan ini biasa disebut ngalap berkah. Umat Hindu di Gunung kidul percaya bahwa ngalap berkah adalah simbol doa dan harapan untuk mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Makanan yang diperoleh tersebut nantinya akan dipergunakan untuk upacara atau sesaji di rumah.
Pantai Ngobaran terletak 30 kilometer dari Wonosari atau 60 kilometer selatan kota Yogyakarta. Pengunjung tidak dipungut biaya jika ingin melihat Upacara Melasti di Pantai Ngobaran. Akan tetapi, akan dikenakan biaya masuk pantai sebesar Rp. 3.000,00 per orang. Jika tertarik untuk datang ke Upacara Melasti tahun depan, cek harga tiket pesawat murah ke Yogyakarta di sini.
Sumber : http://goo.gl/2nJS4N
Previous
Next Post »