hosting indonesia

Tugu Khatulistiwa Pontianak



Monumen ini menjadi salah satu ikon kota Pontianak, dan selalu bepergian dengan pengunjung, terutama wisatawan yang datang ke kota Pontianak. Monumen Khatulistiwa Khatulistiwa Monumen atau di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Lokasi adalah sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak, ke arah kota Mempawah.


Monumen ini terdiri dari empat tiang kayu besi, masing-masing dengan diameter sekitar 0,30 meter, ketinggian depan adalah tonggak dari dua tonggak d -3,05 setinggi belakang cerah dan arah panah setinggi 4,40 meter. Diameter lingkaran di tengah ada tulisan EVENAAR 2,11 meter. 2,15 meter arah panjang. Piring kertas di bawah anak panah ditampilkan OLvGr 109o 20 'menunjukkan di mana pilar pendiri khatulistiwa di Bujur Timur.


Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat puncak matahari, yakni fenomena alam ketika matahari langsung di khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat di atas kepala, menghilangkan semua bayangan benda di permukaan bumi. Pada puncak acara, bayangan tugu akan "menghilang" beberapa detik saat terkena sinar matahari. Demikian juga, bayangan benda-benda lain di sekitar monumen.
Sun puncak dari peristiwa yang terjadi dua kali setahun, yakni antara 21-23 Maret dan 21-23 September. Ini peristiwa alam menjadi acara tahunan yang menarik di kota Pontianak.
Sumber : http://tourismindonesian.com
Previous
Next Post »