Bendungan Selorejo Malang

http://tempatwisata.web.id/wp-content/uploads/2012/01/tempat-wisata-di-malang.jpg
Selorejo2

Bendungan Selorejo yang membendung aliran Kali Konto, Lahar kletak, kali kwayangan dan berapa sungai kecil ini selesai dibangun pada tahun 1970. Secara administratif, bendungan ini terletak di dusun Selorejo Desa Pandasari Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Bendungan Selorejo dikelola oleh PT Jasa Tirta dan digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan berfungsi mengailiri sawah seluas 5.700 ha.

Ketika tiba di Taman Wisata Selorejo, suasana bendungan terasa sejuk. Keindahan alam terpancar di tepian bendungan, hamparan bendungan yang luas dikelilingi oleh perbukitan dan gunung, antara lainGunung Kelud, Gunung Kawi dan Gunung Anjasmoro.

Salah satu daya tarik dari obyek wisata ini yaitu dengan sarana perahu, para wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan bendungan Selorejo. Perahu yang digunakan bisa menggunakan sarana perahu dayung atau perahu mesin, tergantung selera pengunjung. Taman Wisata Selorejo merupakan salah satu bendungan di Jawa Timur yang semua pengelolaannya dipegang oleh Perum Jasa Tirta.

Bendungan selorejo sudah terkenal sebagai tempat pemancingan yang cukup ramai di kalangan pemancing lokal karena bendungan ini termasuk daerah yang masih cukup berhasil menjaga kondisi airnya sehingga terbebas dari limbah. Karenanya masih banyak ditemukan ikan dengan ukuran yang cukup besar di sini. Untuk pemancingan yang biasa, anda bisa mengambil daerah obek wisatanya. Di daerah obyek wisata Selorejo anda akan menemukan beberapa titik pemancingan yang menarik dan strategis, lokasi pemancingan ikan di sini cukup dekat dengan warung makanan yang berada di daerah obyek wisata.

Bagi anda yang suka akan sepeda gunung, Areal taman wisata Selorejo dapat dijadikan arena yang sangat menantang. Di selorejo, pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbit dan terbenam. Untuk menu kuliner, kita dapat menikmati sajian makanan lokal khas warung-warung dalam taman wisata yang menyediakan Ikan Wader, ikan nila, mujair dan ikan tombro, yang merupakan hasil tangkapan di Waduk Selorejo.

Selorejo kini juga memiliki 12 unit cottage 18 kamar dalam beberapa pilihan type yang masing-masing menghadap ke arah bendungan langsung, sehingga dapat menikmati pemandangan yang cukup indah. Cottage ini memiliki aneka pilihan mulai dari 1 kamar hingga tiga kamar, harga yang ditawarkan juga cukup bervariatif antara Rp. 200.000 hingga Rp. 800.000 pe malamnya.

Bukan hanya itu, ditempat ini juga terdapat padang golf 9 hole yang terletak di pinggir waduk. Dengan udara yang sejuk merupakan kenyamanan tersendiri bagi para pegolf. Lapangan tenis dan kolam renang juga terdapat di taman wisata ini. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin bersantai.
Previous
Next Post »