Wisata Jogja : Candi Ijo, candi tertinggi di Yogyakarta


Dari atas candi ini, wisatawan bisa melihat pesawat yang siap mendarat dan lepas landas di Bandara Adisutjipto.
Dibangun abad sembilan di atas Pegunungan SeribuCandi Ijo adalah candi Hindu yang posisinya paling tinggi di Kota Gudeg. Candi berada di ketinggian 410 meter dpl, di barat sebelah bawah wisatawan bisa melihat pesawat yang bersiap lepas landas dan mendarat di Bandara Adisutjipto.
Candi Ijo, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta
Secara administratif, Candi Ijo berada di Gumuk Ijo, Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Bermacam peninggalan budaya dapat dijumpai sejak pengunjung memasuki pintu masuk bangunan Candi Ijo. Tepat di atas pintu masuk tersebut, terdapat kala makara bermotif kepala ganda beserta atributnya yang banyak dijumpai pada candi-candi Buddha.
Ada pula arca berwujud perempuan dan laki-laki yang melayang, mengarah pada sisi tertentu. Maknanya bisa beragam. Antara lain sebagai suwuk untuk mengusir roh jahat atau bisa pula melambangkan bersatunya Dewa Siwa dan Dewi Uma yang dimaknai sebagai awal terciptanya semesta. Berbeda dengan arca-arca di Candi Prambanan, corak naturalis pada arca-arca di candi ini tidak menampilkan unsur erotisme.
Candi Ijo, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta
Bangunan Candi Ijo terbagi menjadi 11 teras. Pada teras ke-9, wisatawan akan bertemu dua prasasti. Satu diberi kode ‘F’ dan bertuliskan guywan atau berarti pertapaan sedangkan prasasti lainnya memuat mantra-mantra yang diperkirakan berisi kutukan. Mantra tertulis hingga 16 kali, berbunyi Om Sarwwawinasa, sarwwawinasa. Diduga prasasti-prasasti ini berkaitan dengan peristiwa tertentu yang terjadi di Jawa pada saat itu. Tetapi sampai sekarang misterinya belum terkuak.
Setiap penjuru candi juga menyodorkan panorama tersendiri. Sebelah selatan, wisatawan bisa melihat jurang dan lembah hijau sepanjang Piyungan. Termasuk kaki bukit Gunung Kidul yang berupa jurang curam dan areal sawah. Di barat, wisatawan bisa memandang area Yogyakarta yang tampak kehijauan. Sesekali pesawat mendarat di landasan Bandara Adisutjipto. Adapun di barat laut, kalau langit cerah wisatawan bisa melihat Gunung Merapi dan menikmati sunset.
Di timur laut tampak wilayah Klaten, yang diisi oleh rumah-rumah yang tampak mungil dari kejauhan. Kalau malam, pemandangan kawasan tersebut tampak temaram. Sungguh mempesona.
Akses ke Candi Ijo
Dari arah kota jogja / Bandara lurus ke arah timur ( arah solo ), sesampainya di pasar prambanan ( depan kompleks candi prambanan ) belok kanan arah selatan melewati depan pintu masuk Candi Ratu Boko, masih lurus ke selatan ( arah piyugan ) kira-kira 1 Km, belok kiri ( lihat papan arah/nama ) kira-kira 2 km menuju Dusun Groyokan, Desa Sambirejo. 
Foto-foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Previous
Next Post »