Wisata Jawa Timur : Keindahan tersembunyi Gili Labak

Dengar kata ‘gili’, yang dibayangkan biasanya pulau kecil sekitar Lombok. Tapi Gili Labak sama sekali tidak ada hubungannya dengan Lombok.
Pulau tropis yang mungil ini justru terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Selain Lombok, sesungguhnya Sumenep juga punya empat gili. Yaitu Gili Iyang, Gili Genting, Gili Raja, dan Gili Labak.
Gili Labak, backpacker ke jawa timur, Jawa Timur, Lombok, Sumenep, Gili Iyang, Gili Genting, Gili Raja, pulau, wisatawan, backpacker,
Panorama Gili Labak. Foto: Dwi Indah
Luas Gili Labak tak lebih dari 5 hektare. Pulau tersebut dikelilingi hamparan pantai pasir putih yang bersih dan cantik. Saat berjalan di pesisirnya, sesekali kamu bisa berjumpa batang pohon yang memutih setelah terpapar air laut. Batang yang memutih itu menarik juga untuk properti fotoan.
Saya sempat mengira pulau tersebut tidak berpenghuni, hanya pulau yang ditumbuhi banyak pohon kelapa. Namun, sesungguhnya Gili Raba adalah rumah bagi 35 kepala keluarga yang rata-rata menggantungkan hidup dari hasil laut. Pada sisi yang lain, pesisir Gili Raba dihiasi perahu nelayan cantik.
Gili Raba bisa dijangkau dengan kapal dari Pulau Madura. Wisatawan bisa menyeberang ke pulau garam tersebut via Pelabuhan Kamal atau Jembatan Suramadu. Selanjutnya, pergilah ke kabupaten paling timur di Pulau Madura, yakni Kabupaten Sumenep. Tersedia bus yang melayani rute Surabay-Sumenep, jadi kamu bisa turun di terminal dan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kalianget dengan ojek atau kendaraan umum.
Gili Labak, backpacker ke jawa timur, Jawa Timur, Lombok, Sumenep, Gili Iyang, Gili Genting, Gili Raja, pulau, wisatawan, backpacker,
Perahu nelayan yang bersandar di pulau. Foto: Dwi Indah
Lantaran Gili Labak tergolong pulau kecil, tidak ada kapal yang reguler ke sana. Satu-satunya cara berkunjung ke pulau tersebut ialah menyewa perahu nelayan. Harganya sekitar Rp 500 ribu pulang-pergi, tetapi tidak ada tarif resmi jadi tergantung hasil tawar-menawar. Perahu sanggup memuat 15 penumpang, jadi bisa share cost kalau kamu ngajak banyak teman.
Dari Pelabuhan Kalianget sampai Gili Labak waktu tempuhnya sekitar dua jam. Kalau tidak mau terlalu lama di laut, wisatawan bisa menyeberang ke Pulau Poteran dulu sampai ke Desa Kombang yang jaraknya paling dekat dengan Gili Labak.
Perairan di kawasan ini biru dan indah. Sepanjang perjalanan wisatawan juga bisa menikmati pemandangan gili lainnya dari kejauhan. Kalau cerah, gugusan gunung di Pulau Jawa terlihat samar-samar.
Daya tarik Gili Labak tidak cuma hamparan pasir putihnya. Di pulau tersebut wisatawan bisa menikmati laut yang jernih sambil snorkeling dan menyelam. Beberapa kawasan terumbu karang ada yang kurang cantik, tetapi banyak bagian yang menyajikan keindahan taman laut dan keragaman biotanya.
Kalau ingin menikmati sensasi berpetualang ke pulau tropis, tanpa diganggu turis lain, Gili Labak tempatnya. (wego).
Selamat mengeksplorasi dan menikmati liburan bergaya Robinson Crusoe di sana!
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments