Wisata Spanyol : Ke Ibiza tak sekadar clubbing

Ibiza identik dengan pesta. Pulau ketiga terbesar di gugus Kepulauan Balearic yang berada di Laut Meditterania ini memang tak bisa dilepaskan dari pantai, ingar bingar musik trance, dan clubbing semalam suntuk. Deretan DJ ternama dunia kerap tampil di klub-klub besar yang ada di sini. Musim panas adalah waktu yang paling banyak dipilih oleh wisatawan untuk berkunjung ke Ibiza.
Bagi yang tak suka clubbing, jangan khawatir, Ibiza bisa tetap dinikmati secara utuh. Meskipun pilihan umum adalah menikmati pantai-pantai yang ada, berikut adalah rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi saat berada di Ibiza.

Menara Torre d’en Valls

Menara yang tampak seperti benteng ini dibangun antara abad ke-16 dan 18 ini dulunya berfugnsi sebagai menara pengawas. Pengawas yang bertugas akan mengirimkan sinyal api atau asap jika melihat kapal perompak yang berlayar mengarah ke Ibiza.
Torre d’en Valls adalah satu dari sembilan menara yang ada di sepanjang garis pantai Ibiza. Wujudnya mirip dengan menara Benteng Martello di pesisir Inggris. Tinggi menara 8,5 meter dengan keliling mencapai 13 meter. Dari puncak menara, kita bisa melihat Pulau Es Vedra yang terletak persis di seberang menara ini.
Seperti bangunan militer kelas II pada umumnya, menara ini dilengkapi dengan seperagkat senjata, antara lain senapan, bubuk mesiu, dan meriam berukuran kecil.

Pantai Cala d’Hort

Cala d’Hort adalah salah satu pantai dengan pemandangan terbaik di Ibiza. Tak perlu ditanya bagaimana ramainya suasana pantai ini saat peak season, musim panas. Garis pantainya sepanjang 150 meter, dengan pasir putih yang tampak kontras dengan air laut yang berwarna biru. Dari pantai ini, Pulau Es Vedra yang berada di seberang tampak jelas.

Kota Tua D’Alt Vila

Kota Tua D’Atl Vila merupakan salah satu situs warisan dunia versi UNESCO yang menyimpan tak hanya sejarah, namun juga misteri dan penemuan-penemuan dalam rentang 2.500 tahun.
Untuk masuk ke kawasan ini setiap pengunjung akan melintasi jembatan melalui Portal de Ses Taules, diapit patung-patung batu Romawi yang membawa kita masuk ke halaman bebatuan kuno yang bermuara ke alun-alun utama Plaza de Vila. Menelusuri jalan kota tua D’Alt Vila dan menikmati panorama Di kawasan ini juga terdapat museum arkeologi yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dari era Kartago. Museo Puig des Molins merupakan salah satu rumah bagi koleksi artefak Romawi yang mengesankan.

Pantai Cala Salada

Pantai Cala Salada dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 15 menit dari San Antonio. Garis pantainya sepanjang 200 meter dan dengan lebar 5 – 30 meter. Pantai yang dikelilingi oleh hutan pinus ini digemari pengunjung karena airnya sebening kristal. Tempat yang sempurna untuk berenang dan melakukan aktivitas air lainnya. Para pemilik kapal pribadi juga senang berlayar ke perairan ini, mengingat kondisinya yang cukup sepi karena kapal komersial tidak diizinkan masuk.

Gua Can Marça

Rasakan sensasi bawah tanah Ibiza dengan menelusuri Gua Can Marça yang terletak di sebelah utara pulau. Awalnya gua ini dimanfaatkan para penyelundup untuk menyembunyikan barang-barang selundupan, dan baru dibuka untuk umum pada tahun ’80-an.
Gua Can Marça berada pada ketinggian 12-14 meter di atas permukaan laut. Usianya mencapai 100.000 tahun dan telah melaui berbagai fenomena alam yang ekstrem, seperti zaman es dan gelombang panas hebat. Hampir menjadi gua fosil, kecuali area terdalam dimana tetesan air hujan yang berhasil tembus membentuk stalaktit dan satalkmit yang menawan.
Tulang belulang hewan pengerat yang telah punah pernah ditemukan di dalam gua ini. Tulang-tulang tersebut dibawa ke Natural History Museum untuk melengkapi koleksi di bagian daratan Mediterrania. (wego). 
Previous
Next Post »