Wisata Sumatera Utara "Air Terjun Dua Warna Sibolangit"

Sumatera Utara punya banyak air terjun dengan segala keunikannya. Misalnya di Sibolangit. Salah satu air terjun yang lagi hits di kalangan pelancong dan jadi tujuan favorit di sana ialah Air Terjun Dua Warna.
Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Wisata Sumatera, Sumatera Utara, Gunung Sibayak, Pulau Sempu, air terjun, wisata alam, alami,
Bukti cakepnya Air Terjun Dua Warna. FOTO: Flickr/Ismail Rahmat Batubara
Air Terjun Dua Warna sengaja dinamai seperti itu. Sebab air terjun ini memang memiliki air yang berwarna ganda. Yaitu biru muda dan bening keabu-abuan. Gradasi warna tersebut berpadu dengan hijaunya tebing-tebing batu berlumut. Makanya penampakan air terjun terlihat impresif dari kejauhan.
Tapi, jangan hanya menikmati keunikannya secara visual saja. Kamu harus berenang juga supaya tahu bahwa telaga dari dua air terjun tersebut punya  dua suhu. Untuk air yang berwarna biru muda, suhu airnya terasa dingin. Sedangkan yang bening, lebih terasa hangat di kulit.
Bener-bener unik! Keunikan tersebut berasal dari kandungan fosfor dan belerang  air sungai yang sumbernya berada di Gunung Sibayak.
Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Wisata Sumatera, Sumatera Utara, Gunung Sibayak, Pulau Sempu, air terjun, wisata alam, alami,
Aliran air terjun puya dua warna. Bening dan biru muda. FOTO: Flickr.com/BangBeni

Trekking ke Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna berada di tengah-tengah Hutan Sibolangit. Nah, kamu masuk hutan ini melalui Bumi Perkemahan Sibolangit. Kamu akan didampingi seorang ranger menjelajahi hutan. Oh ya, hutan ini, pada zaman Belanda, merupakan sebuah kebun raya yang menjadi cabang dari Kebun Raya Bogor.
Perjalanan membelah Hutan Sibolangit bisa dikatakan serupa dengan perjalanan menuju Laguna di Pulau Sempu: bermandikan keringat dan air mata. Kondisi tanah di Hutan Sibolangit seperti punya karakter serupa, yaitu rentan becek saat musim hujan dan menimbulkan genangan yang berlumpur. Jadi, siap kotor lah ya!
Belum lagi, kamu akan dihadapkan pada tebing-tebing batu yang mau-enggak-mau harus kamu daki,  serta sebuah jurang yang harus kamu turuni. Kalau enggak kuat pendirian, bisa-bisa balik kanan, pulang. Terdengar capek memang, tapi nikmatin saja petualangan membelah rimba tersebut dengan mendengarkan cerita-cerita seru seputar hutan dan air terjun dari sang ranger. Pasti deh enggak akan terasa udah jalan kaki 3 jam. Untuk antisipasi kelelahan, enggak ada ruginya menyiapkan stamina fisik jauh-jauh hari.
Nanti, kalau sudah sampai, kedengeran juga kok suara gemuruh air! Itu tandanya kamu sudah boleh bilang “akhirnya sampai juga!” Silahkan main-main di telaga di bawah air terjun setinggi 75 meter itu. Pasti deh bakal terasa lapar dan kamu bisa buka bekal. Jangan lupa, bawa kembali sampah kamu ya.
Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Wisata Sumatera, Sumatera Utara, Gunung Sibayak, Pulau Sempu, air terjun, wisata alam, alami,
Jagung bakar di kawasan Sibolangit, Sumatera Utara. Flickr.com/Drriss

Cara ke Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna berada di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari Medan, air terjun ini bisa dicapai sekitar 2 jam perjalanan. Kalau naik kendaraan umum, pilih saja ‘ Sinabung’ jurusan Berastagi. Ongkosnya sekitar Rp10 ribu (tahun 2013), sampai kamu turun di Bumi Perkemahan Sibolangit. Udaranya sejuk, maklum di dataran tinggi. Makanya, banyak yang jual jagung bakar. Buat ngangetin badan, gitu. (wego). 
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments