Desa Wisata di Kebonagung Imogiri Yogyakarta



Desa Wisata di Yogyakarta yang tidak begitu diketahui orang, yang mempunyai begitu banyak manfaat,
Desa Kebonagung sudah dijadikan desa wisata pertanian. Kegiatannya meliputi membajak sawah, menanam bibit padi, melihat kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar Kebonagung. Lokasi desa wisata ada di dusun Jayan. Masayarakat luar sudah banyak yang sudah melakukan home stay di desa wisata Kebonagung ini. Di sini juga bisa dinikmati Wisata air Bendung Tegal yang juga bisa digunakan untuk olah raga dayung.

Bendung Tegal Imogiri Bantul (Desa Wisata Kebonagung)
Bendung Tegal berada di Desa wisata Kebonagung Imogiri yang jaraknya 17 kilometer arah selatan Kota Yogyakarta. Bendung Tegal adalah Bendungan yang membendung Kali Opak, berfungsi sebagai sarana irigrasi sawah di sekitarnya.



Di tempat ini para wisatawan dapat menikmati pemandangan sekaligus berwisata air dengan menggunakan perahu naga. Berita terakhir bahwa event yang telah dilaksanakan di objek wisata Bendung Tegal ini adalah Lomba Perahu Naga tingkat Nasional yang diadakan Oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.


Festival Perahu Naga di Bendung Tegal , Imogiri
Pipo Arokhmanuri - Seksi ODTW Dinas Pariwisata Propinsi DIY mengatakan, Kawasan Bendung Tegal, Imogiri merupakan kawasan yang sedang dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Propinsi DIY, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul serta desa Kebonagung sebagai kawasan wisata berbasis sungai yang layak dikunjungi.
Saat ini kawasan Kebonagung sudah tersedia fasilitas pendukung seperti : home stay, 5 buah perahu naga.



Wisata air
Wisata air merupakan salah satu paket wisata yang terdapat di wilayah Desa Wisata Kebun Agung. Keberadaan sebuah bendungan besar yang membendung aliran sungai Kali Opak bernama Bendung Tegal menjadi daya tarik utama.
Wisata air yang tersedia antara lain adalah perahu naga dan canoe. Wisatawan yang berkunjung dapat juga menikmati indahnya panorama matahari terbenam diantara pepohonan sekitar Bendung Tegal.



Wisata budaya
Wisata budaya yang terdapat di Desa Wisata Kebon Agung antara lain Kenduri dan Wiwit.

1. Kenduri
Kenduri adalah perayaan, selametan dan doa bersama. Kenduri adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan untuk merayakan atau memperingati momen momen tertentu seperti momen perayaan selametan rumah baru, upacara “nujuh bulanan” dan doa atau tahlilan kematian.

2. Wiwit/labuh
Kata labuh mempunyai makna jatuh atau runtuh. Menurut arti kata setempat yaitu mulai. Wiwit labuh adalah upacara pemberian sesajen atau sesembahan yang berisi hasil hasil pertanian dari alam. Sesembahan ini bertujuan untuk ucap terimakasih serta bentuk syukur atas kenikmatan yang telah diberi dan doa untuk meminta keselamatan dan kedamaian serta kesuburan

Wisata Pertanian
Wisata pertanian menjadi andalan Desa Wisata Kebon Agung. Wisata pertanian adalah sebuah paket wisata yang berupa aktivitas pertanian mulai dari proses menanam (tandur) hingga memanen.

a. Ngluku
Ngluku merupakan salah satu aktivitas pertanian yang mudah dijumpai, terutama di kawasan pedesaan. Ngluku dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan ‘membajak sawah’. Membajak sawah adalah aktivitas menyuburkan tanah dengan cara mencangkul tanah atau menggemburkan tanah lewat garukan atau bajak yang dibawa oleh sapi atau kerbau. Alat tersebut dipasang dibelakan kerbau, kemudian kerbau dicambuk agar menjalankan bajak.

b. Garu
Garu adalah alat pertanian yang bentuknya menyerupai sisir. Garu berfungsi untuk meratakan tanah bajakan atau penggaruk. Menggaru adalah kegiatan meratakan tanah yang dibajak agar rapi dan tertata baik. Tujuan dari menggaru adalah menata tanah agar mudah ditanami sehingga jalur tanaman yang akan ditanam tertata rapi dan jarak yang tanaman yang akan ditanam mempunyai jarak yang rapi.

c. Tandur
Tandur merupakan kegiatan pertanian tahap awal. Pada saat tandur bibit padi ditanam satu persatu sesuai dengan lajur tanam. 

d. Panen
Lain halnya dengan panen, yang merupakan proses mengambil hasil pertanian yang sudah masak atau siap panen. 


Wisata Kesenian Daerah
Bukan hanya kaya akan budaya, Indonesia menjadi Negara yang kaya akan kesenian. Salah satunya adalah seni music khas Jawa yakni Karawitan.

a. Belajar Karawitan/Gamelan
Seni Karawitan adalah seni mengolah bunyi benda atau alat bunyi-bunyian (instrumen) tradisional. Gamelan merupakan alat karawitan yang terbuat dari perunggu. Grup dari gamelan terdiri dari siter, kendang dan gong kemodhong. Kelompok alat tersebut terdapat celempung, sitter, sitter panereus, sitter slenthen, kedhang ciblong dan gong gong kemodhong. 

b. Belajar Macapat
Jika dilihat dari tata bahasa, macapat itu mempunyai makna baca empat empat. Bacanya dihubungkan setiap satu kata. Tembang ini baru ada di akhir kerajaan majapahit dan diperkenalkan oleh walisongo yang mempunyai kuasa pada zaman itu. Tetapi itu belum tentu, karena tidak ada tulisan yang bisa membuktikan. Macapat banyak dipakai dalam pemakaian satra jawa ttengahan dan sastra jawa baru. Jika dihubungkan dengan karya Kakimpoi, aturan aturan di macapat lebih gampang.


c. Solawatan
Solawatan adalah senandung yang dilantunkan untuk Sang Maha Pencipta. Nyanyian disampaikan dalam bahasa Jawa dan berisi nasehat ataupun petunjuk tentang kebajikan. Fungsi kesenian ini adalah sebagai alat berdakwah serta untuk hiburan.

d.Jathilan
Jathilan merupakan kesenian yang menyatukan antara unsur gerakan tari dengan magis. Kesenian yang juga sering disebut dengan nama jaran kepang ini dapat dijumpai di desa-desa di Jawa. Pagelaran ini dimulai dengan tari-tarian. Kemudian para penari bak kerasukan roh halus sehingga hampir tidak sadar dengan apa yang mereka lakukan. Di saat para penari bergerak mengikuti irama musik dari jenis alat musik jenis alat gamelan seperti saron, kendang, dan gong ini, terdapat pemain lain yang mengawasi dengan memegang pecut atau cemeti. 


Wisata Kerajinan Tangan

a.Tatah Sungging
Kerajinan ini terbuat dari lempung kulit. Kulit yang digunakan adalah kulit sapi atau kambing. Kulit tersebut dijadikan berbagai macam kerajinan seperti kipas, wayang, lukisan, topi dan lain sebagainya.

b.Batik tulis
Batik salah satu kerajinan khas Indonesia. Batik adalah* suatu lukisan yang ditorehkan dalam suatu kain. Motif yang biasa digunkan adalah motif yang sifatnya berulang. Proses pembuatan batik ini menggunakan alat yang sederhana seperti canting dan wajan sebagai wadah malam serta kompor untuk memanasi malam. Canting berfungsi sebagai alat pelukis. Sedangkan malam berfungsi sebagai tinta.

c.Batik keramik
Batik tidak hanya dapat dituangkan dalan kain tetapi juga bisa dibuat dengan media keramik dan benda keras lainnya. Batik dapat dilukis dimedia keramik dalam bentuk hiasan. Batik ini sebagai pelengkap serta hiasan serta pemanis dari sebuah keramik agar tidak polos begitu saja.

d.Batik topeng kayu
Salah satu media membatik selain kain adalah kayu. Tentunya kayu tersebut juga telah berbentuk hiasan seperti hiasan dinding atau topeng. Topeng kayu yang telah diukir sesuai dengan bentuk topeng yang diinginkan, kemudian dihias dengan menggunakan batik. Selain kayu, media yang serupa seperti bamboo serta anyaman dari daun atau rotan juga dapat dijadikan media membatik.

Sumber: kebonagung.com
Previous
Next Post »