Pantai Natsepa Maluku


Pantai Netsepa bisa dikatakan sebagai objek wisata pantai utama di pulau ambon. Pantai ini menjadi semakin indah karena memiliki pasir berwarna putih, membuat suasana berlibur menjadi lebih alami dan menyenangkan. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai netsepa, yaitu berenang, menyewa perahu yang disewakan perjam, atau sekedar menikmati kuliner dari pantai ini, ada kelapa muda yang segar dan yang paling khas dari pantai ini adalah rujak netsepa, anda harus mencobanya ketika berkunjung ke pantai netsepa.

Banyak sekali kios dan pepohonan di sekitar pantai, membuat suasana wisata anda  menjadi lebih lengkap dengan suasana asri dan kuliner masyarakat disana, pepohonan menciptakan area yang teduh untuk bermain wisatawan,  Hijaunya dedaunan dari pohon-pohon ini juga menciptakan pemandangan yang lebih indah karena perpaduan warna hijau, putih, dan biru yang serasi. Pantai netsepa memiliki bibir pantai yang cukup luar, apalagi jika air laut sedang surut, maka pantai ini akan terlihat lebih luas. Anggota keluarga bisa bermain pasir, menguburkan diri dalam pasir, membangun kerajaan pasir atau bermain bola, semuanya akan terlihat menyenangkan, Dengan hembusan angin dan pasir yang halus membuat anak-anak lupa waktu saat sedang bermain bola. Garis pantai yang cenderung lurus mengisyaratkan bahwa pantai tersebut merupakan pantai yang berarus dan berombak kecil. Pantai tersebut terhalang Teluk Baguala sehingga ombak yang masuk pun tidak terlalu besar. Situasi yang demikian membuat pengunjung tidak akan lupa mengabadikan momen-momen berharga ini.

Kadang-kadang anda bisa menemukan biota-biota laut yang hidup di pinggir pantai ini,Burrow-burrow bekas biota laut yang sangat jelas tampak tersapu oleh guguran ombak kecil. Air yang jernih membuat ikan-ikan kecil bisa dilihat dengan mata, dan beberapa batuan dan material sedimen hasil transportasi pun terlihat jelas dipinggir pantai yang  juga di bayang-bayangi oleh air yang jernih. Batuan dan  material sedimen diperkirakan terbawa oleh arus dan ombak dari asalnya.

 Letak Pantai Netsepa

Pantai Netsepa terletak Desa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, merupakan lokasi wisata yang sangat dikenal di Kota Ambon. Dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari kota Ambon menggunakan transportasi darat, maka sampailah Anda di Pantai Natsepa.

Untuk mencapai pantai netsepa jika dari ampon anda bisa menumpang “otto”,  otto adalah angkutan penumpang.Jika Dari Terminal Besar di Kota Ambon, bisa memilih jurusan Suli dengan ongkos Rp 5.000 sekali jalan. Atau jika dari arah Bandara Pattimura, kita bisa menggunakan “otto” jurusan kota, kemudian turun di pertigaan Passo dengan ongkos Rp 5.000 dan dilanjutkan dengan otto yang kearah Pantai Natsepa (bisa menggunakan angkutan bertuliskan Suli, Darussalam, Tulehu) dengan ongkos Rp 2000 sekali jalan.  Dalam tempo sekitar setengah jam, Anda sudah tiba di lokasi Pantai Natsepa. Kendaraan umum ini mulai beroperasi dari pukul 05.00-19.00 WIT. Jika memakai kendaraan sendiri, hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari Kota Ambon karena jaraknya hanya sekitar 18 km dari pusat kota.

Harga tiket masuk pantai netsepa sangat murah hanya Rp 2000 untuk orang dewasa. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, kendaraan Anda hanya perlu membayar Rp 2.500 untuk sekali parkir. Dan jika Anda dengan sepeda motor, biaya masuk motor adalah Rp 1.500.

Kuliner Dan Fasilitas Lainnya

Pada sore hari anda bisa melihat matahari terbenam di pantai ini, dan jangan lupa untuk memilih perahu yang disewakan di pantai tersebut.  bahkan anda bisa mendayung sendiri, tetapi jika anda belum ahli dalam hal ini sebaiknya anda tidak mencoba untuk mendayung sendiri. Banyak perahu yang tersedia untuk disewakan. Menyewa perahu per jam sebesar Rp. 25.000 ( dapat mendayung sendiri ataupun meminta orang yang mahir mendayung.)
Bagi anda yang ingin berenang, tidak perlu kuatir karena di pantai ini terdapat persewaan ban pelampung untuk anak-anak ataupun orang dewasa yang ingin berenang dengan harga sewa per buah Rp. 5.000,-. Selain itu disewakan juga tikar dengan harga yang sama untuk pendatang yang ingin duduk dan bersantai di tepi pantai.

Untuk masalah kuliner atau perut lapar, anda tidak perlu pikirkan lagi, karena di pantai netsepa banyak sekali kios-kios yang menjajakan makanan dan minuman, menawarkan dagangan rujak, es kelapa muda, pisang goreng, sagu gula, jangung rebus dan lainnya. Kelapa muda terlihat hampir di semua kios, yang nantinya dijadikan es kelapa muda setelah dicampur dengan sirup dan susu. Dalam kondisi haus setelah berkeliling-keliling, es kelapa muda merupakan minuman yang segar untuk mengembalikan tenaga, Selain makanan khas yang tersedia, makanan yang sudah familiar seindonesia juga ada yaitu bakso dan soto. Sarmento (Sarimie Telor) tidak ketinggalan disajikan.


Kuliner khas pantai netsepa, rujak netsepa

Bagi yang berkunjung ke pantai netsepa jangan melewatkan kuliner khas pantai ini, cobalah untuk menikmati segarnya rujak netsepa. Rujak nestapa di ambon, maluku  berisi buah-buahan segar dengan bumbu kacang yang di-uleg masih kasar membuat wisatawan ingin segera menyantapnya.  1 porsi rujak berharga Rp 7000 – Rp 10.000, yang membedakannya adalah bumbu rujak yang terbuat dari gula aren tradisional dan kacang yang banyak. Kalau ingin pedas tambahkan cabe yang banyak.
Sumber : http://indonesia.go.id


Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template |
Copyright © 2014. Backpacker, Liburan, Wisata, Tiket Online, Tiket Promo, Air Asia, Lion Air, Garuda, Sriwijaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Muhadis
Proudly powered by Blogger