Indonesia Promosikan Budaya di Argentina


Indonesia berupaya mempromosikan budaya di Argentina. Pada 3-14 November ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Argentina bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Kegiatan Promosi Terpadu Indonesia 2011 di Buenos Aires.
Kasubdit Promosi Wilayah Amerika dan Pasifik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu mengungkapkan, acara tersebut digelar bukan semata-mata untuk menarik wisatawan di Negeri Tango tersebut, melainkan sebagai upaya diplomasi budaya. Targetnya adalah membangun persepsi masyarakat Argentinaterhadap Indonesia yang relatif belum banyak mereka kenal.
Karena itu, dalam event tersebut, panitia tidak mengajak pelaku industri wisata, tetapi tim kesenian dan kuliner yang akan mengenalkan keragaman seni dan makanan di Tanah Air. “Kita berharap ke depan hubungan people to people contact akan semakin meningkat,” kata Vinsensius di Jakarta kemarin. Wisatawan dari negeri asal Maradona tersebut memang belum menjadi perhitungan pasar wisata Indonesia.
Secara umum kunjungan wisatawan dari negara-negara yang terletak di Amerika Selatan bahkan terhitung sangat kecil. Pada 2009 wisatawan dari kawasan tersebut yang datang ke Indonesia tercatat hanya 24.037 orang. Hal ini dimaklumi, selain karena jarak geografis yang sangat jauh, tujuan wisata negara-negara di kawasan tersebut juga cenderung ke kawasan Karibia. Kendati demikian, Vinsensius berharap, melalui event budaya tersebut, ke depan animo masyarakat Argentina ke Indonesiabisa meningkat.
Berdasarkan agenda, rangkaian Kegiatan Promosi Terpadu Indonesia 2011 diisi sejumlah acara, di antaranya Indonesia Gala Dinner/Indonesian Cultural Performance, Pameran Promosi Terpadu (Perdagangan, Investasi, dan Pariwisata), Business Luncheon yang mengambil tema “Strengthening Indonesia-Argentina Commerce: Challenges and Opportunities”, dan Pekan Film Indonesia di Argentina.
Acara Gala Dinner/Indonesian Cultural Performance akan menampilkan tim kesenian “Ikreasindo” pimpinan Ika Widia. Mereka akan mementaskan musik bambu, interaktif angklung, rampak gendang kreatif, serta nyanyian musik Indonesia dan Latin. Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Multikultural, Hari Utoro Drajat, menuturkan, Kegiatan Promosi Terpadu Indonesia 2011 di Buenos Aires sekaligus dalam rangka memperingati 55 Tahun Hubungan Diplomatik antara Republik Indonesia dan Argentina.
“Pada 21–26 Mei 1959,Presiden pertama Indonesia Soekarno berkunjung keArgentina dan kunjungan ini masih dikenang oleh masyarakat setempat sampai sekarang,’’ ujarnya. Sejak peresmian hubungan diplomatik Indonesia–Argentina pada 1956, hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang cukup baik.
Di bidang politik, Indonesia dan Argentina menunjukkan kerja sama yang kuat dan saling mendukung dalam berbagai forum internasional. Pascakunjungan Menlu RI Hassan Wirajuda ke Argentina pada Agustus 2007, kedua negara telah menjalin berbagai kerja sama pendidikan dan kebudayaan. Selain di bidang pendidikan, kerja sama juga perlu dikembangkan di sektor olahraga, khususnya sepak bola.
Previous
Next Post »