Karimunjawa


Pulau TengahSekilas Info:
Kepulauan di Laut Jawa yang merupakan bagian dari kota Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektar dan perairan ±110.000 hektar, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Nasional /Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau dimana hanya 5 pulau yang berpenghuni (total penduduk sekitar 9.000 jiwa) yaitu pulau Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Gentin. Pulau lainnya tidak berpenghuni.
1. Prakiraan Biaya
1-A Transportasi menuju dan dari Karimunjawa
1-A-1 Transportasi dari Semarang
Menggunakan Kapal Cepat Kartini, jarak tempuh sekitar 3 jam (kondisi normal) dengan harga tiket beragam tergantung kelas, hanya mengangkut penumpang. Kontak person pemesanan tiket : Bapak Purwanto 0815 662 7808.
Untuk Kelas Eksekutif (sekali jalan) Rp.150.000, sedangkan untuk bisnis Rp.130.000,-.
Jadwal keberangkatan (Semarang-Karimunjawa) :
- (setiap) Sabtu jam 09.00.
- Hari Senin minggu pertama dan minggu (kadang berubah), 07:00 WIB.
Jadwal pulang (Karimunjawa-Semarang) :
- (setiap) Minggu, jam 14.00
- Hari Selasa : Setiap minggu pertama dan minggu ketiga jam 11.00
1-A-2 Transportasi dari Jepara
Pelabuhan Barat Karimunjawa
Pelabuhan Barat Karimunjawa
Menggunakan kapal Ferry (bisa membawa kendaraan), jarak tempuh 6 jam dengan harga tiket (sekali jalan) untuk VIP : Rp. 49.000 dan Bisnis : Rp.24.100, kendaraan roda dua Rp.22.000,-, mobil : Rp. 215.000.
Jadwal keberangkatan :
1. Hari Rabu : Jepara – Karimunjawa, jam 08:30 WIB.
2. Hari Kamis : Karimunjawa – Jepara, jam 08:30 WIB.
3. Hari Sabtu : Jepara – Karimunjawa, jam 08:30 WIB.
4. Hari Senin : Karimunjawa – Jepara, jam 08:30 WIB.
1-B Akomodasi penginapan
Tersedia cukup banyak, dari kelas VIP (kura-kura resort dengan tarif dolar ) hingga homestay. Tarif di homestay rata-rata 100.000 sd. 150.000 perkamar (tanpa AC). Hotel menengah (AC) sekitar Rp.250.000,-/kamar. Biasanya hotel/homestay juga menawarkan jasa makan pagi-siang-malam. Namun apabila tidak menggunakan fasilitas ini, ada beberapa warung makan. Biaya makan sekitar Rp.10.000 sd. Rp.15.000.
1-C Biaya Lain
Perahu untuk mengelilingi pulau harga bervariasi tergantung ukuran kapal, lama sewa kapal, dan kondisi permintaan akan kapal, bila kondisi ramai harga sewa naik hampir dua kali lipat dibandingkan saat sepi. Harga sewa secara umum sekitar Rp.400.000,/hari yang bisa memuat sekitar 20 orang.
Biaya sewa alat snorkeling sekitar Rp.25.000,-/hari.
Biaya lain : biaya berenang dengan ikan hiu sebesar Rp.5.000,- di pulau menjangan besar.
Biaya guide sekitar Rp.50.000-100.000/hari.

2. Objek Wisata
Coral Pulau Kecil
Coral Pulau Kecil
1. Menyelam
Kegiatan ini dapat dilakukan di sebelah utara dan barat pulau Karimunjawa, sebelah timur pulau Menjangan Besar, sekitar pulau Menjangan Kecil, sebelah selatan dan barat pulau Geleang, sebelah barat pulau Bengkoang, sebelah barat pulau parang, sebelah timur pulau Kembar, sekitar pulau Katang, sebelah utara dan timur pulau Krakal Kecil, dan sebelah barat pulau Kumbang.
2. Snorkeling
Aktifitas ini dapat dilakukan di pulau Menjangan Besar dan Menjangan Kecil, sebelah barat pulau Bengkoang, sekitar pulau Kembar, sebelah utara dan timur pulau Krakal Kecil.
3. Memancing
Memancing dapat dilakukan di sekitar pulau Menjangan Besar dan Kecil, pulau Menyawakan, pulau Tengah, pulau Kemujan, pulau Parang, sekitar pulau Kembar, dan sebelah barat pulau Bengkoang.
Pantai Karimunjawa
Pantai Karimunjawa
4. Berenang
Lokasi yang dapat dipakai untuk melakukan aktifitas ini antara lain di sebelah timur dan selatan pulau Karimunjawa, bagian selatan dan barat pulau Menjangan Kecil, bagian barat pulau Tengah, sekitar pulau Parang, pulau Kembar, dan pulau Kumbang.
5. Berjemur
Hampir seluruh pantai di kepulauan Karimunjawa berpasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang. Kondisi ini menyebabkan kawasan pantai menjadi kawasan yang cocok untuk melakukan kegiatan berjemur (mandi matahari), bermain pasir, dan menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam atau terbit.
6.Menjelajah laut
Bagi yang tidak dapat berenang dan menyelam, tersedia kapal yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawahnya (glass bottom boat) untuk menyaksikan keindahan bawah laut.
Saran Itinerary:
1. Apabila dana dan waktu mencukupi, sebaiknya berangkat dengan kapal cepat Kartini (dari Semarang) hari Sabtu pagi dan kembali dengan Kartini pada hari Selasa. Sehingga dengan sekali kunjungan sebagian besar spot menarik bisa terpuaskan.
2. Untuk menghemat biaya, berangkat beramai-ramai dengan jumlah sekitar 20 orang, sehingga sewa perahu tidak terlampau mahal. Ada beberapa hotel/penginapan yang menawarkan harga paket, harga kamar termasuk dengan paket wisatanya.

3. Cuaca
Sunset Karimunjawa
Sunset Karimunjawa
Secara umum waktu yang terbaik adalah saat musim kemarau April – September, karena ombak yang cukup tinggi saat musim hujan (puncak gelombang tinggi adalah November – Februari).

4. Packing List
Perlengkapan berenang, diving, snorkeling, sunblock, kamera, dry pack (untuk kamera, lensa, dan barang berharga yang tidak tahan air), dan lotion anti nyamuk.

5. Tips
- Apabila mudah mual, sebaiknya minum obat anti mabuk selama penyebrangan dari dan menuju Karimunjawa.
- Kapal Kartini kapasitas sangat terbatas (sekitar 120an orang) maka sebaiknya memesan berapa hari sebelumnya untuk menhindari tidak mendapat tiket.
- Sunrise dan sunset di Karimunjawa sangat indah, untuk penggemar fotografi, jangan lewatkan momen ini.
- Cukup banyak tersedia warung kelontong di pulau Karimunjawa.

Galeri Foto:


Sumber
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments