Pesona Air Terjun Tiu Kelep di Lombok Utara


Air Terjun Tiu KelepSekilas Info:
Berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terletak pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Air Terjun Tiu Kelep yang memiliki ketinggian 30 meter ini merupakan salah satu dari beberapa air terjun yang berada di kaki gunung Rinjani. Menurut tur guide kami, nama Tiu Kelep diambil dari bahasa suku Sasak, “tiu” berarti kolam, sedangkan “kelep” berarti terbang. Untuk menuju ke lokasi air terjun, kita harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari pintu masuk, selama perjalanan nikmatilah view hutan hujan tropis yang masih hijau ditambah dengan aliran sungai yang jernih.

1. Prakiraan Biaya
1-A Jalur Udara

Ada banyak pilihan airlines yang melayani rute ke Mataram, diantaranya Batavia Air, Lion Air, Garuda, Merpati, atau Riau Airline (via Bali). Kebanyakan airlines terbang pada pagi atau malam hari, harga yang ditawarkan tidak beda jauh antara airlines satu dengan yang lainnya. Tarif sekitar 600-700ribu dari Jakarta, dan 200-400ribuan apabila terbang dari Surabaya dan Bali. Tapi harus diingat harga bisa melonjak 2 kali lipat diwaktu liburan sekolah atau libur nasional, mengingat Pulau Lombok sudah menjadi tujuan populer dikalangan pelancong Indonesia.
Berhubung belum tersedianya angkutan umum menuju pintu masuk Air Terjun Tiu Kelep, jadi saran saya sebaiknya menyewa Taxi dari luar bandara yang biasanya sekitar Rp. 200.000 atau sewa mobil selama satu hari Rp. 300.000 sudah termasuk dengan supir. Lama perjalanan ke air terjun sekitar 2,5 jam. Memang akan terasa lebih ekonomis apabila ada teman untuk share biaya, atau alternatif lainnya naik angkutan umum tujuan Lombok Utara (yang biasanya mangkal di luar Bandara), lalu turun di Bangsal (pelabuhan untuk ke Gili) dengan tarif sekitar 10-15 ribu, lalu disambung dengan menyewa Taxi dengan harapan bisa dapat harga yang lebih murah karena sudah setengah perjalanan.

Sunset View Sepanjang Jalan Kembali Ke Mataram
Sunset View Sepanjang Jalan Kembali Ke Mataram
1-A-2 Jalur Darat
Apabila menggunakan Bus, saran saya menggunakan Bus Safari Dharma Raya ( telp. 021-5485644, 021-5305348) dengan tarif Rp. 450.000 termasuk makan 4 kali, berangkat malam hari dari Kebayoran Lama. Selain Bus Safari Dharma Raya masih ada beberapa Bus lainnya yang melayani rute Jakarta-Mataram diantaranya Karya Jaya, Dunia Mas, dan Langsung Indah. Lama perjalanan Jakarta-Mataram 2 hari 2 malam, tiba di Terminal Mandalika kota Mataram, dan perjalanan menuju Air terjun Tiu Kelep dapat dilanjutkan dengan menyewa Taxi atau menggunakan angkutan umum menuju Lombok Utara lalu disambung Taxi.

1-A-3 Jalur Darat dan Udara (Kereta dan Pesawat)
Jalur darat dan udara menurut saya adalah jalur yang bisa dibilang irit, selain irit waktu juga irit biaya.
Caranya:
1. Berangkat dari Jakarta menggunakan Kereta Api “Kertajaya” tujuan Surabaya Pasar Turi (Rp. 45.000), dari Stasiun dilanjutkan dengan Bus menuju terminal Bungurasih (Rp. 5000), disambung bus DAMRI menuju Bandara (Rp. 15.000).
2. Penerbangan termurah Surabaya-Mataram pada waktu itu dengan Merpati, belilah tiket  2 minggu sebelumnya sehingga mendapat harga yang murah. Saya waktu itu dapat Rp. 290.000.
Jadi total biaya yang di keluarkan Rp. 355.000 dengan waktu tempuh satu hari satu malam. Lebih ekonomis apabila dibandingkan dengan naik Bus direct Jakarta-Mataram dan juga lebih murah dibanding terbang langsung Jakarta – Mataram.
3. Begitu sampai Bandara Mataram bisa melanjutkan sesuai rute yang telah ditulis sebelumnya.

Sungai Kecil Yang Jernih
Sungai Kecil Yang Jernih
1-B Akomodasi
Oleh karena Desa Senaru merupakan desa yang dijadikan starting point pendakian Gunung Rinjani, jadi banyak sekali homestay yang tersedia. Harga yang ditawarkan pun relatif murah sekitar Rp. 30.000- Rp. 50.000 saja per orang (tergantung fasilitas yang di tawarkan).
Apabila anda sampai Mataram pada siang atau malam hari, sebaiknya menginap semalam di Mataram sambil menikmati kuliner khas Lombok di sekitar Ampenan. Hotel terdekat dan murah dari bandara adalah Hotel Airlangga (Jl. Airlangga No. 3A Mataram, 0370-628963) dengan tarif kamar standard fan Rp 85.000 dan standard AC 100.000.

1-C Makanan
Untuk wisata kuliner saya rasa masih sangat sedikit tersedia di desa Senaru, mengingat lokasinya yang masih desa, jadi lebih baik menikmati kuliner khas Lombok di kota Mataram di sekitar Ampenan tepatnya. Diantaranya dapat dicoba Sate lilit ikan, Nasi Campur Ebatan khas Lombok di Jl. Sayang-Sayang, Pelecing Kangkung yang tersedia di hampir semua restoran di Lombok, dan juga manisan rumput laut dan madu untuk oleh-oleh.

1-D Biaya Lain – Tiket Masuk
Biaya tiket masuk Air terjun Tiu kelep sebesar Rp. 4000 per orang, dan biaya sewa guide sebesar Rp. 60.000. Sebaiknya anda tawar harga guide-nya dari harga yang ditawarkan, karena biasanya mereka mematok harga yang tinggi. Selain bisa membantu menunjukkan jalan, mereka juga bisa membantu kita membawakan barang-barang kita, serta membantu kita apabila ada trek-trek yang harus menanjak atau melewati sungai.

Tampak Dekat Air Terjun Sendang Gile
Tampak Dekat Air Terjun Sendang Gile
2. Objek Wisata
Ada beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi di sekitar air terjun Tiu Kelep, yang paling dekat dan sejalur adalah air terjun Sendang Gile. Kita akan melewati air terjun Sendang Gile terlebih dahulu sebelum sampai di air terjun Tiu Kelep. Tempat lainnya yang menarik seperti rumah adat Senaru, menikmati pemandangan Bangket Bayan, Masjid Kuno Bayan, dan rumah adat tradisional Desa Karang Bajo.

Saran Itinerary:
Lebih baik apabila anda mengunjungi Air tejun Tiu Kelep di hari berikutnya. Oleh karena itu luangkanlah waktu setidaknya 2 hari di Lombok agar tidak terburu-buru dan bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Usahakan memulai perjalanan pada pagi hari agar ada waktu lebih untuk berhenti di pantai-pantai yang dilewati, dan kembali ke kota Mataram pada sore hari dengan harapan bisa menikmati sunset yang indah di sepanjang garis pantai karena jalan yang di lalui persis di bibir pantai.

3. Cuaca
Waktu terbaik mengunjungi pulau Lombok adalah pada bulan Agustus, tapi biasanya akan ramai oleh turis mancanegara.

4. Packing List
Bawalah celana pendek, sepatu yang tidak licin, dan kamera anti air. Usahakan bawa sedikit mungkin barang saat trekking.

5. Tips
- Pastikan naik Taxi dari luar bandara.
- Jangan langsung terima tawaran harga dari guide, karena biasanya mereka membuka harga yang tinggi pada awalnya.
- Jika ingin menyewa full guide berikut mobilnya seperti yang saya lakukan saat berkunjung ke Lombok, bisa menghubungi Bapak Surya (08175727899) dengan tarif Rp 350.000 satu harian.

Galeri Foto:
Trek Melewati Jembatan Curam dan Berlumut
Menuruni TanggaTrek Menyusuri Sungai
Sungai Kecil Yang Jernih
Tampak Dekat Air Terjun Sendang GileAir Terjun Sendang Gile
Previous
Next Post »