Surga Bawah Laut Kalimantan Timur


Dermaga Pulau Derawan
Sekilas Info:
Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia (Wikipedia). Selain keindahan bawah lautnya, pantai-pantai di Derawan juga tidak kalah menawan. Selain itu Derawan sangat terkenal dengan ‘Danau’ Kakaban, yang merupakan satu dari dua atol sempurna yang ada di dunia, yang menyebabkan laut menjadi ‘danau’ asin. Ada juga tempat perlindungan Kura-kura di Pulau Sangalaki dan di perairan sekitar Derawan sering muncul ikan pari/manta.

1. Prakiraan Biaya
1. A. Transportasi
1. Pesawat dari Balikpapan atau Samarinda menuju Tanjung Redep/Berau . Penerbangan sekitar 45 menit-60 menit.
2. Tanjung Redep/Berau menuju Tanjung Batu melalui jalan darat yang memakan waktu sekitar 2-3 jam. Alternatif lain denan jalan laut, Berau langsung ke Kepulauan Derawan sekitar 4-5 jam.
3. Tanjung batu – Kepulauan Derawan dengan kapal, sekitar 2 jam (tergantung pulau mana yang akan dituju). Ada kapal penyeberangan yang melayani rute Tanjung Batu ke Pulau Derawan, namun jadwalnya tidak tertentu, terkadang hanya pada weekend. Biasanya orang menyewa boat untuk menyerang ke Kepulauan Derawan dan untuk mengeksplore kepulauan Derawan.
Coral di Pulau Panjang
Coral di Pulau Panjang
1.B. Akomodasi
Kepulauan Derawan memiliki 31 pulau dan beberapa gosong atau atol, namun hanya sebagian pulau yang menyediakan akomodasi lengkap, salah satunya adalah pulau Derawan. Tarif di pulau Derawan beragam dari Rp.50.000,- sampai dengan Rp.500.000,- per orang /malam. Sedangkan di Maratua, terdapat resort mewah yang dimiliki warga Malaysia, dengan harga 45 – 75 Euro per orang /malam. Pulau Maratua ini hanya ada 1 resort. Pulau-pulau lainnya juga memiliki resort mewah dengan tarif dolar atau euro. Hanya di Pulau Derawan yang bersifat umum, penginapan banyak tersedia disini.

1.C. Makanan
Untuk di Maratua, biaya penginapan termasuk biaya makan. Sedangkan di Pulau Derawan, tidak termasuk biaya penginapan. Apabila menginginkan, akan ditawarkan seharga Rp.25.000,- per makan. Alternatif lain, terdapat warung makan sederhana di sekitar pulau Derawan.

1.D. Biaya Lain – Tiket Masuk
Tidak ada biaya untuk tiket masuk.

2. Objek Wisata
Seluruh pantai di perairan Kepulauan Derawan memiliki pantai pasir putih yang cantik, namun ada beberapa spot yang sering dikunjungi :
Maratua Resort
Maratua Resort
1. Pulau Maratua, terdapat resort yang bagus dan tempat pool bagi kita yg ingin diving, jaraknya sekitar 2 jam dari Tanjung Batu. Konon tempat diving yang bagus terdapat di dekat Maratua ini.
2. Pulau Kakaban, pulau eksotik, karena terdapat laguna yang berubah menjadi danau, karena aksesnya ‘tertutup’ oleh atol sempurna (yang konon hanya ada 2 di dunia ini). Di sini ada Jelly Fish atau Ubur-ubur, yang tidak menyengat, spesies ini hanya ada 2 di dunia, satu spesies di Kakaban dan satu spesies lagi di luar negeri. Selain itu kalau kita diving, kita akan menemukan berbagai jenis coral dan ikan yang langka. Note: hati-hati berenang di sini karena beberapa meter dari pinggiran, katanya langsung palung laut. Jaraknya sekitar 1 jam dari Maratua, 1,5 jam dari Derawan. Tidak ada penduduk atau penghuni pulau.
Bayi Penyu, Pulau Sanglaki
Bayi Penyu, Pulau Sanglaki
3. Pulau Sanglaki, pulau tempat penangkaran penyu, sebelumnya terdapat resort di sini, namun ijin tidak diperpanjang demi pelestarian penyu. Ada penjaga (3 orang) tetapi tidak ada penduduk. Selain penyu, diperairan ini seringkali nampak ikan pari/manta, terkadang serombongan manta muncul dipermukaan.
4. Pulau Derawan, sebagai pusat pulaunya di sini terdapat pemukiman penduduk, sekolah, puskesmas, warung makan (sederhana), dan akomodasi penginapan berbagai kelas (dari 50.000 sampai 500.000). Pantai di pulau Derawan sangatlah cantik.
5. Pulau Panjang sebagai tempat yang cukup banyak terumbu karangnya. Menurut Wikipedia: dengan jumlah spesies 460 sampai 470 menunjukkan bahwa ini menjadi kekayaan biodiversitas nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat.

Saran Itinerary:
1. Biaya yang cukup besar adalah biaya untuk menyewa kapal untuk berkeliling di kepulauan Derawan, maka sebaiknya melakukan kunjungan dengan banyak orang untuk sharing biaya kapal. Semua aktifitas eksplore di kepulauan Derawan membutuhkan transportasi kapal.
2. Melakukan perencanaan yang matang akan daerah yang akan dieksplore. Apabila ingin melakukan diving, sangat banyak spot yang bagus dan layak. Menurut info, apabila ingin puas melakukan eksplore di Derawan, akan membutuhkan waktu minimal 2 minggu, sehingga pemilihan prioritas tempat akan sangat penting.
Jelly Fish, Pulau Kakaban
Jelly Fish, Pulau Kakaban
3. Cuaca
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, baik untuk melakukan pengambilan gambar maupun eksplore diving, sebaiknya dilakukan di musim kemarau, sekitar bulan Mei – September.

4. Packing List
Perlengkapan berenang, snorkeling, diving, sunblock, kamera terutama kamera Under Water, makanan kering/kecil yang dibawa karena di Derawan hanya pulau tertentu yang memiliki warung/toko kelontong dan tidak ada penjual makanan besar, dry pack (untuk kamera, lensa, dan barang berharga yang tidak tahan air). Untuk alat menyelam disewakan di pulau Derawan dan Maratua (sebaiknya koordinasi untuk pastinya).

5. Tips
- Selalu menggunakan sunblock dan topi lebar untuk menghindari panas matahari.
- Perbanyak air minum (putih/mineral) untuk menghindari dehidrasi.
- Tidak merusak lingkungan dengan membuang sampah sembarang, merusak coral, dan membawa sesuatu apapun dari alam sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan.

Galeri Foto:


Previous
Next Post »