Tips Backpacker : Mendaki Gunung

Mendaki gunung atau Mount Climbing merupakan salah satu kegiatan wisata yang menarik, seru dan menantang. Namun bagi Anda yang baru pertama mencoba kegiatan wisata alam yang satu ini sebaiknya memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal berikut ini:



Mempelajari peta gunung
Pelajarilah peta kawasan gunung yang akan Anda daki. Pastikan pula Anda juga sudah mempelajari navigasi darat menggunakan peta dan kompas karena hal ini akan sangat membantu Anda dalam menjelajahi kawasan gunung, sehingga kemungkinan tersesat menjadi lebih kecil.

Ajak teman
Ajaklah teman jika ingin melakukan pendakian. Sebaiknya mengajak teman yang sudah terbiasa dengan jenis wisata alam yang satu ini. Semakin banyak teman yang diajak maka akan semakin seru dan bisa mengurangi resiko bahaya di saat melakukan pendakian. Bermusyawarahlah dengan teman-teman yang akan mendaki, namun tetap diingat ya jangan mengedepankan ego karena hal ini juga menyangkut kepentingan dan keselamatan bersama.

Meminta izin
Sebelum melakukan pendakian, sebaiknya beritahu keluarga Anda terlebih dahulu. Hal ini cukup penting agar keluarga Anda mengetahui keberadaan Anda jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tersesat atau bencana lainnya. Jangan lupa juga untuk melapor ke pos-pos perizinan pendakian, agar jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu hal terhadap Anda, pihak pos tersebut dapat segera bertindak untuk memberikan pertolongan.

Bawa perlengkapan penting
Ada beberapa perlengkapan yang wajib Anda bawa untuk berjaga-jaga, seperti peluit, korek api dan pistol kembang api.  Ketiga benda tersebut dapat Anda gunakan jika Anda tersesat. Dengan membunyikan peluit, maka tim bantuan bisa mencari keberadaan Anda. Korek api selain berguna untuk membantu dalam memasak makanan selama pendakian, juga bisa membantu Anda saat tersesat. Kumpulkan ranting-ranting dan dedaunan untuk dibakar sehingga mengepulkan asap sehingga tim bantuan bisa mencari posisi Anda. Sedangkan pistol kembang api bisa digunakan untuk meminta pertolongan saat Anda tersesat, namun sebaiknya digunakan pada malam hari agar kembang api yang Anda tembakkan sebagai tanda meminta bantuan dapat terlihat dengan jelas.

Beri tanda pada setiap jalur yang dilewati
Dari awal pendakian berilah tanda pada setiap jalur yang Anda lewati. Anda bisa menandainya dengan cara seperti mengikatkan tali di pohon atau dengan tanda lainnya yang Anda kenali dan tidak mudah hilang. Hal ini memudahkan Anda untuk mengetahui bahwa jalur tersebut pernah Anda lewati dan akan mempermudah Anda untuk kembali ke jalur sebelumnya jika Anda tersesat. utiket.
Previous
Next Post »