Angkor Wat: Pesona Kebudayaan Khmer


“Ingin berwisata ke Angkor ? Simak edisi panduan wisata Angkor Wat ini”

Patung Penjaga Di Angkor
Patung Penjaga Di Angkor
Dengan luas sebesar 400 kilometer persegi, Angkor menjanjikan sebuah perjalanan mesin waktu ke abad 9 ketika kompleks ini menjadi ibu kota dari kerajaan Khmer. Meskipun luasnya sangat besar tetapi kebanyakan pengunjung hanya melihat beberapa kompleks saja.
Umumnya 3 hari 2 malam sudah cukup untuk menjelajah kompleks populer di Angkor. Berita bagus lainnya, ongkos penginapan dan makan di kota Siem Reap (gateway menuju Angkor) juga sangat terjangkau.
Penerbangan ke Siem Reap juga cukup banyak. Dua kekurangannya adalah mahalnya ongkos masuk ke Angkor ($20 sehari), air departure tax ($25) dan biaya Visa on Arrival($20).
1. Prakiraan Biaya:
Perkiraan biaya ini dihitung menggunakan standar backpacker santai, jika anda beruntung (mendapatkan diskon di penerbangan atau hotel) atau lebih berhemat maka tentu biaya yang anda keluarkan akan lebih sedikit.
1-A-1. Penerbangan
Biksu Di Dalam Kuil Angkor
Biksu Di Dalam Kuil Angkor
Ada banyak option jika anda ingin terbang ke Siem Reap (Angkor). Yang paling umum adalah menggunakan Air Asia via Kuala Lumpur. Sekilas saya mengecek harga adalah $ 180 untuk PP. Jika anda beruntung seperti saya, anda mungkin bisa mendapatkan tiket return via Malaysia Airlines seharga$90 untuk PP.
Jetstar Asia juga memiliki rute Singapore – Siem Reap, sekilas harganya cukup bersaing yaitu $120 untuk PP. Opsi lain dari Singapore adalah SilkAir, namun kecuali ada promosi, maka Silk Air biasanya lebih mahal.
1-A-2. Jalur Darat
Jalur yang paling populer adalah via Thailand yaitu via kota Aranyaprathet. Aranyaprathet dapat dijangkau lewat bis (5 jam) dari terminal Mo Chit dan Ekamai, (Bangkok). Harga tiket bus dari Bangkok – Aranyaprathet sekitar $6 pada saat tulisan ini dibuat.
Kota Setelah Terguyur Hujan
Kota Setelah Terguyur Hujan
WARNING: harga tiket bis dari Khao San umumnya akan lebih mahal daripada jika anda naik bis langsung dari terminal bis. Anda juga dapat naik bis langsung dari bandara Suvarnhabhumi.
Dari Aranyaprathet, anda dapat naik tuk-tuk menuju border untuk menyeberang ke Poipet. Perhatikan jam buka border karena jika anda sampai terlalu malam maka border akan ditutup dan anda harus menginap di kota itu.
Di Poipet anda harus membayar visa on arrival seharga US$20, lalu anda bisa memilih naik Taxi atau Bis ke Siem Reap. Jika anda memilih naik taksi jangan lupa untuk menawar harga dan anda bisa share taksi anda dengan pelancong lain untuk menghemat ongkos. Perjalanan ke Siem Reap memakan waktu 3 jam.
1-B. Akomodasi
Gang Kecil Penuh Restoran
Gang Kecil
Ada banyak akomodasi di Siem Reap dan anda tak perlu takut kehabisan tempat. Cara yang paling mudah adalah melakukan booking di Hostelworld atau Asiarooms. Tersedia banyak jenis kamar, mulai dari $5 hingga yang mahal.
Jika ingin sesuatu yang lebih nyaman, hotel-hotel berikut adalah sekian dari hotel yang memiliki reputasi bagus di Siem Reap:
-Golden Mango Inn – $17 untuk ruangan ber AC untuk 2 orang. http://goldenmangoinn.com/
-Ecole Paul Du Brule – $25 – Dikelola oleh organisasi NGO – baca brosur di http://www.ecolepauldubrule.org/documents/THE%20HOTEL_en.pdf

1-C-1 Makanan
Ada banyak restoran di Siem Reap (Thai, Khmer, Western hingga Korea), namun jika anda mencari restoran Halal, pilihannya tidak terlalu banyak sampai saat ini. Itupun agak susah mencarinya karena jalan di Siem Reap tidak semuanya bernama, belum lagi banyaknya restoran yang berpindah tempat dan berganti nama.
Berikut adalah nama-nama restoran yang mengklaim dirinya halal (penulis tidak bertanggung jawab dan tidak terafiliasi dengan restoran ini):
1. D-Wau Malaysian Resto – +855 63 966 955 Alamat: Daerah Wat Bo Village Salakamreuk Commune
2. Taj India, restoran ini berada di dekat Rumah sakit provinsi di Siem Reap. Tidak ada alamat dan nomer telepon yang bisa kami dapat.
3. Maharajah, berada di antara rumah sakit provinsi dan bank CAB – website: maharajah.biz
4. Little India, di depan Be VIP Massage daerah jalan utama Old Market (Psar Chas).

Amok
Amok
5. Curry Wallas – Di gang pada Sivatha Bvd, masuk ke gang menuju Night Market.
1-C-2 Makanan Lokal
Jika halal atau tidak bukan masalah,  ada banyak sekali restoran turis di Siem Reap, tapi anda ingin makanan yang autentik dan murah, anda dapat makan siang di dalam pasar. Harganya murah ($0.5 – $3 tergantung penjual makanan) walau kebersihannya agak meragukan, tapi jika perut anda sudah terbiasa dengan makanan pinggir jalan, kenapa tidak?
Jangan lupa untuk menanyakan harga sebelumnya agar anda tidak di kenakan harga turis!Makanan yang terkenal adalah Amok (kare ikan), Lok Lak (oseng-oseng sapi), atau bok long (gado-gado dari papaya mentah, mirip dengan som tam di Thailand).
1-C-3 Bar & Nightlife
Nightlife di Siem Reap masih sangat ‘ndeso’ dibandingkan kota besar Asia tenggara lainnya. Namun suasananya sangatlah laid back dan santai. Jika anda bingung, cukup bilang “pub street” kepada tukang ojek atau tuk-tuk, mereka akan mengantarkan anda ke pub street, di mana anda tinggal memilih dari sekian banyak pub yang buka di sana.
1-D-1 Biaya Lain: Tiket Masuk
Ta Prohm
Ta Prohm - Tomb Raider
Tiket masuk Angkor adalah $20, terdapat diskon untuk tiket 3 hari dan 2 hari.
1-D-2 Transport
Umumnya para pelancong menyewa jasa supir tuk-tuk ($10 – $15) untuk sehari. Pilihan lainnya adalah ojek ($6), mobil ($25) atau sepeda ($6).
2. Objek Wisata
Tiga bagian yang terkenal di Angkor adalah Angkor WatAngkor Thom danBanteay SreiAngkor Wat adalah ikon utama yang gambarnya akan sering kita lihat di mana-mana. Angkor Thom terdiri dari beberapa kompleks kecil, salah satunya adalah komplekBayon yang indah dengan trademark muka tersenyum raksasa di mana-mana.
Banteay Srei adalah candi yang terletak agak misah yang terkenal dengan ukiran detail yang indah. Selain 3 kompleks ini masih ada kompleks Kbal Spean dan Beng MealeaKbal Spean terkenal dengan ukiran di bawah sungai, sedangkan Beng Mealea adalah kompleks candi yang sudah hampir hancur ditelan hutan. Untuk mencapai 2 tempat terakhir ini dibutuhkan biaya dan tenaga ekstra.
2-A-1 Saran Itinerary
Bayon
Bayon
Umumnya visitors memulai dari pintu selatan Angkor Thom lalu masuk ke bagian tengah (Bayon, Terrace Elephants etc), lanjut ke Ta Prohm (Tomb Raider temple) dan finish di Angkor Wat. Jika ada waktu lebih tak ada salahnya bangun pagi dan memotret sunrise di Angkor Wat, sebuah spot fotografi skenik yang banyak disukai fotografer.
Jika ingin mengunjungi Banteay Srei, Kbal Spean dan Beng Mealea, maka anda harus menyediakan satu hari khusus karena letak ketiga tempat ini cukup jauh dari kompleks Angkor.
3. Cuaca
Cuaca di Siem Reap adalah panas sepanjang tahun, namun bulan November hingga Maret adalah high season, karena Siem Reap tidak sepanas biasanya. Bulan Maret sampai Mei, cuaca akan panas sekali namun pada bulan Juni hingga Oktober, cuaca sedikit sejuk karena musim hujan.
4. Packing List
Jangan lupa membawa foto untuk visa on arrival. 3×4 cm. Sunscreen dan obat nyamuk juga wajib anda bawa.
5. Tips
-Mata uang Kamboja adalah riel namun anda dapat membayar dengan USD.
-Jika ingin naik tuk-tuk dari airport anda harus berjalan keluar dari airport dahulu karena tuk-tuk dilarang masuk pada saat tulisan ini ditulis.
-Meskipun kota Siem Reap cukup aman, namun tetaplah waspada terhadap copet.
-Peta daerah kota Siem Reap.

( *turisindie )

Previous
Next Post »