7 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah

Just one click away from your holiday..
You’re just one click away from holiday..
Hai travel lads! Sudah punya rencana jalan-jalan tahun depan? Hah, masih lama? Hey, jangan cuma rencana hidup aja yang disiapkan dari jauh hari, rencana perjalanan juga harus visioner! Banyak kok teman-teman traveler kita yang sudah merencanakan liburan dan hunting tiket promo dari tahun sebelumnya. Hasilnya? Selain tiket pesawat murah, tersisa banyak waktu untuk “menggemukkan” pundi-pundi liburan mereka.

Beli tiket pesawat murah dari jauh hari? Kenapa tidak!

“Booking tiket jauh-jauh hari sama dengan investasi. Kenapa mesti takut berinvestasi untuk pengalaman dan pikiran yang lebih segar?” –Febry Fawzi, travel blogger.
“Booking tiket jauh-jauh hari sama dengan investasi. Kenapa mesti takut berinvestasi untuk pengalaman dan pikiran yang lebih segar?” –Febry Fawzi, travel blogger.
Selamat datang di eranya smart traveling. Dengan informasi yang sangat mudah diakses lewat internet, kini kamu dapat melakukan riset mendalam mengenai destinasi, akomodasi, harga tiket pesawat, sampai ke hal-hal kecil lain yang terkait dengan perjalanan. Menurut riset yang dilakukan oleh US Travel and Tourism Industry, 24% orang yang berlibur memilih book in advance atau memesan dari jauh hari sebagai salah satu cara untuk hemat saat traveling. Soal harga, tidak perlu ditanya. Harga tiket pesawat, hotel, hingga berbagai paket tur akan lebih murah jika dibeli dari jauh hari. Selain murah, keuntungan lain merencanakan liburan sejak dini adalah tersedianya lebih banyak waktu untuk menabung. Lumayan kan uangnya bisa buat beli oleh-oleh untuk pacar dan keluarga!
Bicara soal merencanakan liburan atau travel planning, pertanyaan krusial paling pertama adalah “how to reach the destination”. Kalau hidup di era kakek dan nenek, pertanyaan ini mungkin yang paling sulit dijawab. Tapi betapa beruntungnya  kita, kini sudah banyak budget airlines yang rajin mengadakan promo tiket pesawat murah untuk destinasi lokal maupun mancanegara. Nah, ada sedikit tips nih buat kamu yang ingin coba-coba hunting tiket pesawat murah.

Tips & Trik Hunting Tiket Pesawat Murah:

  1. Follow semua akun twitter airlines yang rajin bikin promo. Supaya nggak kehabisan tiket pesawat murah, kamu juga harus rajin-rajin cek website-nya, kalau perlu subscribe email-mu di website-website airlines atau online booking.
  2. Tentukan pilihan. mau (a) Pergi ke destinasi idaman dengan harga lebih terjangkau, atau (b) Tiket pesawat murah, kemana pun destinasinya. Jika pilihannya (a), berarti kamu harus menyusun strategi dengan cek harga untuk destinasi tersebut di setiap airlines. Kalau pilihan kamu adalah (b), langsung gerak cepat aja setiap ada promo paling murah. Tapi tidak menutup kemungkinan kok kamu bisa dapet tiket pesawat murah untuk destinasi idaman kamu. Rajin-rajin cek website airlines yang lagi promo aja!
  3. Salah satu tantangan hunting tiket pesawat murah adalah susahnya nyari teman jalan yang asik.
    shutterstock_141864511 (2)
    Tipsnya, jangan ajak teman dadakan. Tentukan teman seperjalanan kamu di awal, sekalian tentukan tanggal yang available     untuk traveling. Hindari memilih tanggal pada saat  mau booking. Bila perlu, pilih beberapa tanggal sekaligus supaya proses hunting tiket promo kamu lebih efisien. Kalau sudah punya pilihan tanggal dan teman seperjalanan, kamu bisa langsung tahu siapa saja yang harus di-booking-kan tiket.
  4. Tentukan budget. Misalnya, kamu akan beli tiket PP Jakarta – Bangkok hanya kalau harganya di bawah Rp. 800.000. Jika lebih mahal atau sudah di luarbudget kamu, lebih baik bersabar dan tunggu promo tiket pesawat murah selanjutnya.
  5. Jika mau pasti dapet tiket pesawat murah, jangan booking ketika weekend dan terbanglah di hari termurah. Pada penerbangan domestik, hari termurah untuk terbang adalah Selasa dan Rabu. Sedangkan untuk penerbangan internasional, hari termurah untuk terbang adalah Minggu hingga Rabu.
  6. Challenge yourself with backpack! Saat ini, banyak maskapai yang menetapkan biaya tambahan untuk bagasi. Agar tiket pesawat murah kamu tidak jadi mahal karena biaya tambahan seperti itu, kemasi barang-barangmu seperlunya di dalam tas punggung yang muat ke dalam kabin.
  7. Tips terakhir, banyak-banyak bersabar dan berusaha. Klise, tapi beneran harus dilakuin! Puluhan ribu orang berebut beli tiket pesawat murah, jadi harus maklum kalau server-nya padat dan waiting list.
Setelah pertanyaan “how to reach the destination” terjawab, waktunya berkreasi dengan itinerary perjalanan. Beberapa tips online travel booking ini bisa membantu tahap travel planning kamu. Namun jika terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari, jangan khawatir karena kini sudah ada situs yang menawarkan paket traveling dengan itinerary yang dapat di-custom sesuai keinginan kamu. Harga yang ditawarkan pun bisa lebih murah daripada mengurus hotel, transportasi, dan lain-lain secara terpisah. See? Traveling is so easy nowadays. Ayo, sudah waktunya kamu jalan-jalan juga, mumpung lagi ada promo tiket pesawat murah tuh dari AirAsia. Beli sekarang, berangkat 2014! jelajah.valadoo.com.
Previous
Next Post »