Nekat! tanpa Uang ke Pulau Komodo

Pernah terbayang untuk melakukan perjalanan tanpa menggunakan uang satu rupiah pun? Meski terkesan mustahil, tettapi inilah tantangan yang akan dijawab oleh Nila Tanzil dan Gofar Hilman.
Ya, kedua orang ini melakukan perjalanan bertajuk "Nekad Traveler". Dalam perjalanan dari Jakarta menuju Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur) tersebut, modal utama mereka hanya akses data sebanyak 180 GB yang diberikan oleh Telkomsel.  Tentu saja, modal lainnya adalah kenekatan mental mereka.

"Nekad Traveler ini adalah perjalananku yang akan traveling selama sebulan dari Jakarta ke Pulau Komodo tanpa uang, hanya bermodal data 180 GB dan juga smartphone," ujar Nila Tanzil saat ditemui di sela-sela pelepasan Nila Tanzil dn Gofar Hilman dalam melakukan perjalanan "Nekad Traveler" di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (30/6/2013).
Bagaimana caranya bisa melakukan perjalanan tanpa biaya? Nila mengungkapkan banyak hal-hal tak biasa yang akan ia lakukan, seperti menjual "jasanya" untuk mempromosikan rumah makan atau penginapan yang ia gunakan sebagai akomodasi agar mendapatkan tempat menginap dan makan gratis.
"Gimana caranya supaya bisa tanpa harus pakai uang misalnya menginap di homestay atau hotel atau makan di restoran? Contohnya itu aku bisa bilang  ke pemiliknya, 'Restorannya mau di promosikan nggak? Di website, di Twitter, tapi kasih sepiring nasi gratis ya untuk makan kita'," papar Nila.
Hal senada pun diungkapkan Gofar yang merupakan rekan Nila dalam perjalanan. Gofar mengaku siap untuk menghadapi tantangan perjalanan tanpa uang ke Pulau Komodo.
"Modal gue cuma satu, hanya 'nekat'. Dan, gue mau melakukan apa saja untuk itu. Jadi gue yakin banget dengan kemampuan yang gue punya meski gue bukan seorang traveler. Gue bisa nebeng sana, nebeng sini sampai ke Pulau Komodo, apalagi ada media sosial kan," papar Gofar.
Gofar pun mengatakan sebagai salah satu modalnya di perjalanan, ia akan membawa gitar. Rencananya, ia akan mengamen, namun bukan uang yang akan ia terima melainkan ditukar dengan  makanan dan tempat menginap.
"Gue bawa gitar, gue akan ngamen tapi gue nggak akan terima uang. Gue ngamen kalau bisa dibarter sama makanan," katanya.
Perjalanan yang akan ditempuh selama satu bulan ini akan disebarluaskan melalui situs resmi Telkomsel. Melalui situs tersebut, mereka akan mengajak pembaca berpartisipasi dan mendukung perjalanan mereka.
"Publik juga bisa bantuin aku lewat situs web. Social media itu berguna banget, karena aku bisa minta tolong. Misalnya lagi di Solo nih, butuh tumpangan ke Jogja, siapa yang mau nebengin," kata Nila.
Previous
Next Post »