Tips Mudik Asik untuk Mahasiswa


Mudik merupakan ritual yang biasa dilakukan oleh segala usia. Mereka yang tinggal jauh dari orangtua demi mengenyam pendidikan atau atas nama pekerjaan, dengan senang hati menyambut kesempatan tersebut.

Berbagai macam transportasi tersedia bagi kamu yang memutuskan berkumpul bersama keluarga tercinta di Hari Raya Lebaran nanti. Mulai dari transportasi darat, seperti kendaraan pribadi, agen travel, kereta api, dan bus, maupun pesawat terbang.

Buah tangan untuk orang-orang terkasih juga tidak luput dipersiapkan. Namun, sudahkah kamu mempersiapkan dirimu sendiri dalam untuk perjalanan mudik?

Berikut beberapa tips yang dapat kamu tiru untuk mempersiapkan diri dalam menjalani ritual mudik.

1. Tentukan moda transportasi yang akan kamu gunakan. 
Jika memang menggunakan kendaraan umum, seperti bis, travel, kereta api, kapal laut, maupun pesawat, carilah tiket di berbagai agen penjualan. 

Apabila tidak mendapatkan tiket untuk berbagai kendaraan umum tersebut dan ingin menggunakan kendaraan pribadi, yaitu mobil atau motor, persiapkan kendaraan tersebut. Cek kembali kondisi kendaraanmu. Ganti oli, rem, ban cadangan, dan sebagainya.

2. Selesaikan tugas atau pekerjaan secepat mungkin.
Mendekati libur Lebaran, pihak kampus maupun kantor akan memberikan banyak PR yang harus kamu kerjakan. Sebaiknya, kamu selesaikan dulu semua PR tersebut sebelum memulai liburan. Sehingga kamu dapat berlibur dengan tenang dan tanpa beban.

3. Catat semua barang yang akan kamu bawa ketika mudik.
Ingat, kamu hanya mudik untuk beberapa waktu, bukan menetap selamanya. Maka, tidak perlu memboyong isi seluruh lemarimu atau bahkan memindahkan isi kamarmu ke dalam koper.

Catatlah barang-barang yang memang kamu butuhkan selama di kampung halaman. Membuat catatan akan membantumu mempermudah mengemas barang-barang bawaan dalam koper, dan menghindari ada barang yang tertinggal.

4. Mulailah membeli oleh-oleh.
Hal ini berlaku bagi kamu yang memang ingin membawakan buah tangan ke kampung halaman. Akan lebih baik jika kamu juga mencatat apa yang akan kamu beli sebelum kamu tiba di toko tersebut. Ini untuk menghindari ada barang yang lupa dibeli atau over budget.

5. Siapkan obat-obat andalanmu.
Kamu lah yang mengetahui dengan baik kondisi tubuhmu. Jangan sampai perjalanan mudik yang khususnya memakan waktu lama, membuatmu merasa sengsara.

Sediakan obat maag andalanmu jika memang memiliki penyakit maag. Atau bagi kamu yang menderita mabuk darat, siapkan obat anti mabuk, minyak kayu putih, balsem, dan kantung plastik yang cukup banyak dalam perjalanan. Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jangan sampai, kenyamanan pemudik yang lain atau bahkan anggota keluargamu merasa terganggu dan direpotkan.

6. Bawa CD lagu, komik, atau alat hiburan favorit.
Ini wajib hukumnya bagi kamu yang akan menjalani perjalanan yang sangat panjang. Bawalah barang-barang yang dapat membantu mengatasi kebosanan selama perjalanan.

7. Jagalah selalu barang-barang milikmu.
Bagi kamu yang menggunakan transportasi umum, jagalah selalu barang-barang pribadimu. Jangan memancing kejahatan dengan memamerkan segala barang yang kamu miliki di kendaraan umum. 

Sekarang mudik juga bisa terasa menyenangkan dong? Selamat mencoba!
kampus.okezone.com
Previous
Next Post »