hosting indonesia

Sekali Jelajah Singapura, 8 Tempat Terlampaui

Singapura memang bukan destinasi wisata yang asing bagi orang Indonesia. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di Batam. Saya percaya, daripada dikasih tiket gratis ke Jakarta lebih baik ke Singapura. Sebab sama saja ke luar negeri.
Karena letak geografis yang teramat dekat ini (45 menit menggunakan ferry), bermunculan-lah tour and travel di Batam. Nyaris setiap hari ada paket tur 1 hari dengan harga bersaing yang diiklankan di koran-koran.
Rata-rata peserta tur yang bersama saya adalah masyarakat dari luar Batam dan bahkan belum pernah sekalipun ke luar negeri (atau ke Singapura). Paket perjalanan dan harga sangat bergantung dengan negosiasi sang bos. Untuk mencapai Singapura kami menggunakan ferry dengan pilihan beberapa pelabuhan internasional di Batam. Lokasi dan jam keberangkatan juga tergantung dari padatnya jadwal tur maupun lokasi hotel di Batam. 

Ini salah satu contoh jadwal ferri Batam fast. Tapi biasanya kami mengambil jam keberangkatan paling pagi atau kedua paling pagi (karena peserta tur tidak mau rugi dan sudah tidak sabar mengumpulkan cap imigrasi di paspor mereka yang baru) dan pulang dengan kapal terakhir.Untungnya, saya tidak perlu mengambil paket itu, karena saya berkesempatan menjadifreelance Tour guide di Batam selama beberapa bulan di pertengahan tahun 2011 hingga saat ini.
Sesampainya di Singapura, berikut tempat tempat wajib yang biasa dikunjungi :

 1. Merlion park

Ibaratnya nggak ke Singapura jika nggak absen dengan singa ini. Kegiatan disini hanya satu. Narsis! Tetapi jangan salah waktu yang dihabiskan bisa mencapai 2 jam. Untungnya hanya dengan melihat aksi dan pose-pose aneh para pengunjung tidak akan membuat anda bosan. Lihat saja aksi beberapa orang yang berusaha membuat rekayasa foto seunik mungkin. Ada yang pose seperti minum air pancuran singa, shower dengan patung singa hingga [maaf] pose seperti cowok lagi pipis. HAHHAHAAH! kalau sudah begini kreativitas orang Indonesia tidak akan terkalahkan dengan negara lain.
Foto disana..Foto disini

Selain itu disekitar Merlion Park, juga dapat anda saksikan Esplanade (capek jalan jadi cukup lihat saja) dan gedung terbaru Marina Bay Sands.
Esplanade

2. Universal Studio

Ini wahana paling HOT saat ini di Singapore sehingga wajib hukumnya untuk datang lalu foto di bunderan globenya. Yah lumayan walaupun tidak masuk ke Universal Studionya 

3. Sentosa Island

Berada di Universal studio berarti kita sudah berada di Sentosa Island. Silahkan jalan jalan dan berikutnya dapat anda temukan abang Merlion yang satu lagi. Photo lagi yuk! Disini juga kita bisa habiskan waktu untuk melihat pantai Singapura atau melihat pertunjukan Songs of the Sea.
Tour Guide juga harus Narsis

Songs of the sea

4. Makan Siang di Hj.Maimunah

Karena kebanyakan peserta tur adalah muslim, maka disarankan mencari restoran halal. Ini salah satu tempat favorit makan siang yang ada di Singapura yaitu Hj. Maimunah yang ada di Bencoolen. Menu yang ditawarkan pun sangat indonesia seperti nasi campur, bakso, soto dan lain lain. Selain itu disampingnya juga terdapat masjid bagi yang ingin sholat. Sempurna! 

Masjid Bencoolen

5. Mustafa Centre – Little India.

Ke Singapura tetapi berasa ke India. Kemana lagi kalau bukan di Little India. Para peserta tur akan diajak melihat lihat kawasan little India dan bagi para wanita akan menuju ke Mustafa Center. Ceritanya Mustafa Center ini supermarket serba ada yang buka 24 jam dan murah murah serta menyediakan aneka jenis kebutuhan rumah tangga serta pastinya oleh oleh.Yang saya sarankan dibeli adalah aksesorisnya yang lucu lucu dan bewarna emas emas kayak orang India gitu. Ada juga kain sari loh!


6. Orchard Road

Nah ini memang surganya wanita! Biasanya peserta tur wanita akan langsung bergerak sendiri tanpa perlu didampingi oleh tour guide. Yang bapak bapak/lelaki memilih mengerombol di sekitaran tong sampah untuk merokok atau sekedar duduk mengobrol. Kalaupun ada yang pergi belanja, yang dicari adalah kamera, handphone dan alat elektronik lainnya. Di sekitar jalan Orchard ini, jangan lupa mencoba es krim ala singapura yang biasanya dijual bapak bapak tua. Es krim dengan aneka rasa ini dibalut oleh roti dan cocok sekali dimakan sambil cuci mata melihat orang lewat. Harganya pun cuma SGD 1. Harga yang sama jika anda membeli soft drink maupun mineral water.


7. Rumah cokelat

Ketika membawa peserta tur, seringkali saya bertemu dengan peserta tur lainnya juga yang diarahkan ke sini untuk berbelanja oleh oleh. Padahal kalau dilihat tokoknya hanya rumah biasa dengan 2 pintu yang tidak menarik sama sekali. Mungkin kalau saya orang awam, saya tidak ngeh itu toko coklat. Mungkin juga pihak rumah coklat sengaja hanya fokus membidik para peserta tur dalam jumlah banyak sehingga tidak terlalu fokus mempercantik tampilan tokonya. Produk yang dijual disini apalagi jika bukan semua produk cokelat. Ketika peserta tur datang, kami langsung disambut dengan susu coklat dingin sebagai welcome drink. Para stafnya pun fasih Bahasa Indonesia dan langsung mempromosikan coklat yang sedang diskon. Sebenarnya rasa coklatnya seperti coklat coklat yang ada di Indonesia hanya dikemas dengan tulisan, gambar Singapura yang apik sehingga terlihat unik. Mana promosinya 3 for SGD10. Wah mana tahan!! Ditambah pula bagi orang Indonesia, mereka juga menerima pembayaran menggunakan rupiah. Siap siap dompet dibuka 

Dibeli dibeli…

8. Vivo City

Vivo City adalah salah satu mall terbesar di Singapura yang terhubung langsung dengan Harbour Front yakni pelabuhan internasional untuk pulang ke Batam. Ini juga lah titik akhir dari perjalanan tur ini. Jika masih ada waktu, para pesert biasanya berkeliling sendiri untuk mencari makan malam, belanja, cari oleh oleh atau sebagainya. Asal jangan telat ngumpul aja yah. jadiberita.
Jadi sudahkah anda mengunjungi semua tempat diatas??
jangan lupa share dan like facebooknya yah.. :)
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments