Wisata Maluku : Festival Teluk Jailolo


Festival Teluk Jailolo di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) menyuguhkan berbagai kegiatan yang unik dan menarik pesta adat Suku Sahu salah satu suku di wilayah Halbar yang berlangsung 16-18 Mei 2013.
teluk jailolo, wisata maluku, halmahera, ternate

Festival yang masuk dalam kalender kegiatan pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut juga menyuguhkan parade gerobak sapi yang melibatkan para petani dari berbagai wilayah di Halbar.

Selain itu, berbagai jenis lomba yang terkait dengan kebaharian, seperti lomba foto dan video bawah laut, lomba memancing, lomba renang dan lomba dayung perahu tradisional serta lomba tarian dan musik tradisional.

Festival Teluk Jailolo mengusung tema "The Treasure of Spice Island" akan diawali dengan ritual pembersihan laut dalam bahasa daerah setempat disebut "sigofi ngolo", yang dimaksudkan  sebagai simbol komitmen masyarakat setempat dalam menjaga kelestarian lingkungan laut.
teluk jailolo, wisata maluku, halmahera, ternate

Pada acara pucak festival tersebut akan dipentaskan theater dengan nama "sasadu on the sea" pada panggung di atas laut sehingga akan menyajikan tontonan yang menarik dan khas, karena jarang sekali ada pentas theater pada panggung di atas laut.

"Wisatawan dari dalam maupun luar negeri tidak akan menyesal jika menghadiri Festival Teluk Jailolo tersebut, apalagi selain menyaksikan berbagai kegiatan menarik pada  festival itu, juga bisa menikmati objek wisata lainnya yang tidak kalah menarik di Halbar."

Obyek wisata tersebut yakni keindahan panorama bawah laut di perairan Teluk Jailolo yang menyuguhkan aneka jenis terumbu karang, ikan hias dan berbagai jenis biota laut lainnya.

Di Halbar, wisatawan juga bisa menyaksikan berbagai peninggalan sejarah seperti rumah adat Suku Sahu yang menyimpan berbagai peninggalan para leluhur Suku Sahu, serta panorama hutan alami yang dihuni berbagai flora dan fauna menarik, diantaranya burung bidadari.
teluk jailolo, wisata maluku, halmahera, ternate

Akses untuk mencapai Halbar cukup lancar yakni dari Ternate kemudian melanjutkan perjalanan ke Jailolo, ibu kota Kabupaten Halbar menggunakan speed boat dengan tarif Rp 50.000 per orang. "Sarana akomodasi di Halmahera Barat tidak ada masalah."

Selamat berlibur "Sobat Backpacker Akhir Pekan"
Suka artikel ini? Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu!
Previous
Next Post »