Batu Angus Keindahan Terpendam dari Gunung Gamalama, Ternate



Meletusnya sebuah gunung tidak selalu menyisakan nestapa dan kerusakan. Bekas aliran lava bekas letusan Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, justru menjadi hiasan alami yang dikenal dengan nama Batu Angus.



Ada maksud lain dalam setiap musibah alam. Kerusakan alam akibat bencana pun bisa berubah menjadi hiasan alam yang memesona. Contoh nyatanya adalah Batu Angus yang berada di sisi kiri dan kanan jalan menuju Gunung Gamalama.



Seperti yang di lansir dalam buku panduan Pariwisata Nusantara, Batu Angus merupakan bekas aliran lava yang berada di sisi kiri dan kanan jalan raya dengan latar belakang Gunung Gamalama.



Dinamakan Batu Angus karena lava - lava beku ini memiki warna yang hitam kelam. Eits, Batu Angus bukanlah batu biasa! Selintas batu ini memang biasa saja, tapi bila melihatnya secara keseluruhan Anda akan melihat keindahan lain dari kumpulan batu - batu ini.



Onggokkan bebatuan menyerupai stalagmit ini terlihat unik berpadu dengan hijaunya Gunung Gamalama. Belum lagi bentangan laut nan biru menjadi latar yang semakin memperindah panorama di sekitar Batu Angus.


Sebagian pelancong yang melewati jalan raya yang mengarah ke daerah Gunung Gamalamaini akan menyaksikan lukisan alam yang cantik dari pelataran luas kumpulan Batu Angus. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang sengaja menghentikan kendaraan dan singgah sejenak sambil menikmati udara segar di daerah Batu Angus.



Eits, jangan hanya sekadar menikmati pemandangannya saja! Segera keluarkan kamera dan berfoto di atas bebatuan hitam ini.


Dari tempat ini traveler bisa menyaksikan panorama keindahan laut dan Pulau Halmahera. Ya, karena memang tempat ini berada di dataran tinggi sehingga wisatawan bisa melihat pemandangan Kota Ternate.


Akan tetapi, sangat disayangkan pelancong lebih menikmati panorama lautnya ketimbang batu yang terbentuk secara alami ini. Padahal, bentuk - bentuk batu ini sangatlah unik dan langka. belantaraindonesia.
Previous
Next Post »