Wisata Unik dan Aneh : Rumah Pohon Raksasa


Adansonia digitata atau juga disebut Baobab, adalah sebuah pohon berbentuk aneh yang tumbuh di daerah dataran rendah di Afrika dan Australia. 

Salah satu dari tiga Baobab terbesar di Afrika Selatan adalah Sunland Baobab, dua lainnya adalah Sagole Baobab dan Glencoe Baobab. Menariknya, Sunland Baobab adalah pohon yang paling dikenal di antara kedua pohon itu sebab terdapat sebuah pub di dalamnya. 

Batang pohon raksasa ini memiliki dua bagian yang saling terhubung. Masing-masing bagian ini memiliki rongga besar yang terhubung dengan lorong sempit. Sunland Baobab bahkan diklaim telah berusia 6.000 tahun lho.



Meski tidak ada catatan ilmiah yang dapat membuktikan tentang usia pohon itu, jika dilihat sepintas semua tentu setuju bahwa pohon raksasa tersebut telah berusia lebih dari 1.000 tahun. 



Sebagaimana dilansir amusingplanet, Sunland Baobab memiliki keliling sekitar 47 meter dan tinggi mencapai 19 sampai 22 meter. Rongga pohon yang cukup besar kemudian dimanfaatkan untuk mendirikan sebuah pub kecil di dalamnya. Pub unik itu pun kini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Afrika Selatan. 



Pub kecil yang dibangun di dalam pohon raksasa itu didirikan pada tahun 1933 dan masih beroperasi hingga hari ini. Pub tersebut memiliki langit-langit setinggi 4 meter dan bisa menampung sekitar 15 orang di dalamnya. Pohon luar biasa ini terletak di sebuah peternakan yang dimiliki oleh keluarga Van Heerden. Merdeka. 
Previous
Next Post »