Gunung Berapi 'Terdingin' di Dunia, Ol Doinyo Lengai

Ol Doinyo Lengai merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Arusha, Tanzania, dengan ketinggian mencapai 2890 meter di atas permukaan laut. Orang-orang Maasai menamai gunung tersebut The Mountain of God atau Gunung Dewa.

Lava yang diproduksi di Ol Doinyo Lengai tidak seperti lava lain di bumi. Sebagian besar gunung berapi menghasilkan lava basaltik, namun Ol Doinyo Lengai adalah satu-satunya gunung berapi di dunia yang menghasilkan lava natrocarbonatite - jenis lava yang kaya natrium langka dan mineral kalium karbonat - nyerereite dan gregoryite.


Karena komposisi yang tidak biasa ini, lava meletus pada suhu relatif rendah - sekitar 500-600 derajat Celcius - setengah dari suhu lava basaltik yang biasa Anda temukan di seluruh gunung berapi di dunia. Oleh karenanya, banyak orang menyebut Ol Doinyo Lengai sebagai gunung berapi terdingin di dunia.


Suhu yang sangat rendah juga menyebabkan warna lava cair di Ol Doinyo Lengai berwarna hitam ketika dilihat di bawah sinar matahari - umumnya berwarna merah menyala. Natrium dan mineral kalium karbonat yang terkandung dalam lava gunung Ol Doinyo Lengai bereaksi sangat cepat ketika mereka mendapatkan kontak dengan suhu di atmosfer.

Setelah sekitar enam bulan, dengan bantuan elemen, lava terurai menjadi pasir berwarna kuning kecoklatan. Alhasil, Anda akan melihat lanskap vulkanik yang sangat berbeda dari apa yang pernah Anda lihat di bumi.

Dibandingkan dengan gunung berapi lainnya yang dapat merusak, Ol Doinyo Lengai jauh lebih "jinak" dan kadang-kadang digambarkan sebagai gunung mainan karena memiliki kerucut kecil di dalam kawah. merdeka.
Previous
Next Post »