Tips Snorkeling Bagi Pemula

Snorkeling merupakan salah satu kegiatan yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan waktu libur Anda. Snorkeling mungkin belum terlalu populer mengingat tidak semua tempat cocok untuk bersnorkeling ria. Meski begitu, snorkeling merupakan kegiataan menyenangkan yang patut untuk dicoba. Menikmati keindahan bawah laut yang cantik secara langsung saat snorkeling akan menambah pengalaman Anda. Gimana, tertarik untuk bersnorkeling? Eeits buat yang pertama kali bersnorkeling, baca dulu tips berikut ini:

Gunakan peralatan dengan benar
Ada beberapa peralatan yang harus Anda kenakan saat snorkeling. Peralatan ini selain sebagai alat pembantu Anda ketika berada di air juga sebagai alat pengaman Anda. Pilihlah peralatan yang paling nyaman saat Anda gunakan dan tentunya harus pas dengan badan Anda. Gunakan peralatan tersebut secara benar dan tepat. Dengan begitu Anda bisa bersnorkeling dengan nyaman.

Jangan sendirian
Bagi Anda yang pemula, sebaiknya jangan bersnorkling sendirian tetapi bersama teman-teman yang membentuk kelompok. Saat bersnorkling mungkin akan menjadi saat yang menyenangkan untuk Anda, namun Anda harus selalu ingat untuk jangan terlalu jauh dengan kelompok Anda karena bisa membahayakan diri Anda sendiri. Untuk itu tetap perhatikan sekeliling agar Anda tetap aman saat bersnorkeling.

Jangan lupa pemanasan
Meskipun pemanasan terdengar sepele, namun pemanasan sangat penting untuk dilakukan. Begitu juga saat Anda akan bersnorkeling, Anda wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu. Saat snorkeling, Anda sangat membutuhkan gerakan kaki dan tangan Anda. Jika Anda tidak melakukan pemanasan bisa jadi Anda mengalami kram saat berada di air. Tentu Anda tidak ingin kegiatan snorkeling Anda terganggu bukan?

Segera naik jika kram
Saat Anda bersnorkeling mungkin lamanya waktu tak akan terasa. Anda mungkin tidak merasakan jika Anda sudah lama berada di atas permukaan air dan kaki atau tangan Anda mulai kram atau kebas. Jika Anda mulai merasakan sesuatu yang kurang nyaman segeralah naik ke atas kapal. Jangan mencoba menahannya karena bisa jadi akan mengganggu keamanan Anda.

Jangan panik
Banyak hal di laut yang tidak bisa Anda prediksi terutama mengenai cuaca. Cuaca di laut yang berubah-ubah mungkin akan berpengaruh terhadap arus air laut. Arus air yang kencang mungkin bisa menarik Anda ke tengah namun jika hal itu terjadi jangan cepat panik, tetaplah tenang. Mintalah bantuan kepada kelompok dengan cara berteriak atau membunyikan peluit yang telah disiapkan dan cobalah berenang ke kapal Anda.
Previous
Next Post »