Wisata Unik dan Aneh : Menikmati Misteri Danau Apung di India

Bila telah menyaksikan keindahan taman terapung, saatnya menikmati pengalaman wisata di satu-satunya danau apung dunia yang terletak di Loktak, di timur laut India. Danau yang merupakan bagian cagar alam Keibul Lamjao. 

danau loktak india


Di permukaan danau, terdapat tanaman Phumdis dengan ketebalan setengah hingga 4,5 meter yang mengambang dan menutupi sebagian besar danau. Tanaman ini membentuk daratan seluas 40 kilometer persegi. Daratan ini menjadi tempat tinggal rusa India, sangai dalam bahasa Manipuri. 



Dalam perekonomian manipur, danau kuno ini berperan penting. Berfungsi sebagai sumber air untuk pembangkit listrik tenaga air, irigasi, dan sumber air minum warga. Di tempat ini pula nelayan mengambil phumdis untuk menangkap dan membudidayakan ikan.


Danau Loktak memiliki keanekaragaman hayati yang kaya dengan 233 spesies tanaman air. Lebih dari seratus jenis burung dan 425 spesies hewan termasuk hewan langka seperti ular python India, sambhar, dan kijang yang hidup di danau dan sekitarnya.

Terletak 39 km dari Imphal, ibukota  Manipur, Danau Loktak  adalah tujuan unik bagi mereka yang suka bertualang. Berwisata di danau Loktak, pengunjung dapat menikmati bentuk-bentuk geometris pulau-pulau Phumdis. Di pulau Phumdis terbesar, Anda bisa menemukan rumah wisata Sendra. life.viva.
Previous
Next Post »