Merasakan Aura Keperkasaan Patih Gadjah Mada di Trowulan

Siapa yang tidak mengenal Patih Gadjah Mada? Sosok yang pernah menyatakan Sumpah Palapa itu kini namanya telah diabadikan sebagai nama kampus negeri terbesar di Indonesia dan sumpahnya menjadi nama satelit kebanggaan Indonesia. Dialah patih kerajaan Majapahit di masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk yang berhasil menyatukan nusantara dalam satu panji Majapahit.

Namun tahukah di mana kerajaan itu berada? Sumpah yang pernah terucap itu di sampaikan di mana? Nah, ternyata kerajaan Majapahit dahulu kala berlokasi di daerah Trowulan Mojokerto Jawa Timur.
Satu obyek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi agar para generasi hari ini ikut merasakan aura keperkasaan sang patih adalah Rumah Panggung Trowulan. Konon menurut catatan sejarah, di rumah itulah, Patih Gadjah Mada mengucapkan sebuah sumpah yang dikenal dengan nama Sumpak Amukti Palapa. Peristiwa itu telah terjadi sekitar 6 abad silam
Sumpah tersebut diucapkan oleh Gadjah Mada ketika diangkat menjadi patih amangkubumi pada tahun 1336 masehi di hadapan raja Majapahit yang sangat terkenal di waktu itu, Hayam Wuruk. Secara garis besar, isi sumpah tersebut adalah “Sebagai Patih Amangkubhumi Gajah Mada pantang meninggalkan puasa sampai daerah-daerah di nusantara berhasil dikalahkan (dipersatukan).”


Nah, untuk mengenang itu semua kita dapat mengunjung kota Trowulan dan melihat situs-situs di sana. Karena hampir semua catatan kenangan kejayaan Majapahit dapat dilihat di sana. Kota Trowulan ini diyakini sebagai ibu kota Kerajaan Majapahit pada waktu itu.
Di Trowulan, para pengunjung dapat melihat tempat sang Mahapatih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Amukthi Palapa. Rumah itu berada di Desa Nglinguk, Trowulan-Mojokerto. Lokasinya jadi satu kawasan dengan  Pendopo Agung yang menjadi tempat pertemuan dan berkumpulnya pembesar Majapahit. Rumah itu dikeliling pepohonan rindang dan sangat lebat sehingga terkesan menjadi sangat angker. 
Apalagi jika pengunjung sedang sepi, nuansa keangkerannya semakin mencekam. Selain itu ditemukan juga banyak makam yang berserakan di sekitar Rumah Panggung tersebut. Meski menakutkan, boleh jadi Anda akan merasakan aura keperkasaan sang Maha Patih Gadjah Mada ketika berada di tempat ini.iberita.
Previous
Next Post »